Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
salah satu fasilitas produksi PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) di Jatiuwung, Tangerang - dok/laman resmi perusahaan
Premium

Historia Bisnis: Riwayat Pan Brothers (PBRX) Jatuh ke Pangkuan Keluarga Kasoem ‘Batik Keris’ Tjokrosaputro

12 Juli 2020 | 13:05 WIB
Batik keris merupakan perusahaan yang dirintis oleh keluarga Kwee Som Tjiok alias Kasoem Tjokrosaputro, yang pada Juli 1996 mengakuisisi 65 persen saham perusahaan tekstil PT Pan Brothers Tbk. (PBRX).

Bisnis.com, JAKARTA — Kabar itu pertama kali muncul menjelang pertengahan Juli 1996. Batik Keris, perusahaan produsen pakaian batik asal Sukoharjo, Solo, hendak mengakuisisi 65 persen saham emiten perusahaan tekstil asal Tangerang PT Pan Brothers Tbk. (PBRX).

Batik keris merupakan perusahaan yang dirintis oleh keluarga Kwee Som Tjiok alias Kasoem Tjokrosaputro. Kasoem, seperti yang banyak orang tahu, adalah kakek dari Benny Tjokro, sosok yang kelak tenar karena keterlibatannya dalam skandal Jiwasraya.

Sebagai informasi, Kasoem Tjokrosaputro memiliki tiga anak, yaitu Handoko, Handiman, dan Handianto. Handoko dan Handianto mengelola Batik Keris, sedangkan Handiman mengelola PT Dan Liris. Adapun, Handoko adalah ayah dari Benny Tjokro.

Mulanya kabar itu dibantah PT Pancarmitra Ekadaya, pemilik awal PBRX. Lewat keterangan yang diterima reporter Harian Bisnis Indonesia edisi 12 Juli 1996, tepat hari ini 24 tahun lalu, PT Pancaramitra Ekadaya berkata mereka memang menandatangani MoU dengan Batik Keris Group. Tetapi, MoU itu cuma berisi proyek kerja sama, bukan pengambilalihan saham.

Dalam penandatanganan itu pihak Batik keris diwakili dua putra Kasoem, Handiman dan Handianto Tjokrosaputro, sedangkan Pancaran diwakili Jimmy Sumitro dan Sugiarto Hanafi.

“Kerja sama ini akan melibatkan Pan Brother Tax selaku perusahaan publik yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh Pancamitra Ekadaya dan perusahaan terafiliasi lainnya,” tulis keterangan itu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top