Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ternyata ada manajer investasi yang tak memiliki dana kelolaan. Salah satu tersangka Jiwasraya memiliki dana kelolaan kurang dari Rp1 miliar. (Bisnis / Arief Hermawan P)
Premium

Kok Ada Manajer Investasi yang Tak Punya Dana Kelolaan?

09 Juli 2020 | 05:00 WIB
Tersangka kasus Jiwasraya masuk dalam jajaran manajer investasi dengan dana kelolaan mini

Bisnis.com, JAKARTA— Dari 97 manajer investasi yang tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ternyata ada tiga manajer investasi yang tak memiliki dana kelolaan pada Juni 2020.

Berdasarkan data yang dirilis OJK, dana kelolaan manajer investasi cenderung beragam. Bahkan rentangnya cukup jauh yakni dari Rp0 hingga Rp42,89 triliun.

Adapun, tiga manajer investasi yang tak memiliki dana kelolaan itu tercatat juga tak memiliki produk reksa dana. Sementara itu, dari 97 manajer investasi, terdapat enam manajer investasi yang tak muncul ketika Bisnis ingin melihat dana kelolaannya.

OJK menyediakan situs untuk melihat rekaman dana kelolaan baik secara industri maupun setiap manajer investasi. Dana kelolaan industri reksa dana pada Juni 2020 mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Secara industri, dana kelolaan atau asset under management (AUM) reksa dana pada Juni 2020 mencapai Rp482,59 triliun atau turun tipis 2,12 persen dari Rp493,1 triliun pada periode yang sama tahun 2019.

Menariknya, manajer investasi dengan dana kelolaan terbesar menggenggam 10 persen dari total industri. Total dana kelolaan manajer investasi paling jumbo bahkan menyumbang 60,4 persen dari dana kelolaan industri.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top