Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan melintas di bawah layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (13/9/2018). - ANTARA - Sigid Kurniawan
Premium

Mengintip Saham Genggaman Emiten Sekuritas

09 Juli 2020 | 05:51 WIB
Dari enam emiten sekuritas di Bursa Efek Indonesia, tiga diantaranya memiliki saham pada sejumlah perusahaan tercatat di atas 5 persen.

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga dari enam perusahaan sekuritas yang tercatat di Bursa Efek Indonesia rajin investasi saham lebih dari 5 persen pada sejumlah emiten. Apa saja saham pilihan mereka?

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia  (KSEI), tiga sekuritas yang sudah berstatus perusahaan terbuka yang memiliki saham di atas 5 persen adalah PT Panin Sekuritas Tbk. (PANS), PT Trimegah Sekuritas Tbk. (TRIMS) dan  PT Yulie Sekuritas Indonesia Tbk. (YULE).

Untuk Panin Sekuritas, per 6 Juli 2020, perseroan memiliki portofolio saham yang cukup besar pada dua perusahaan terbuka, yakni PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) dan PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. (SAME).

Anak usaha dari Emiten berkode saham PANS tersebut memiliki saham sebanyak 2,02 miliar saham MDLN atau setara 16,19 persen total saham yang beredar. Sementara itu, untuk saham SAME perseroan menggenggam 6,08 persen total saham atau sekitar 358,65 juta saham. Same merupakan emiten yang menjalankan Rumah Sakit Omni Hospital.

Pergerakan harga saham dua emiten yang digenggam PANS ini sedang dalam tekanan kuat. Saham MDLN secara tahun berjalan telah turun 169 poin ke level Rp55 per saham. Harga saham MDLN bahkan sempat menyentuh Rp50 per saham pada pertengahan Mei 2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top