Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
IPO pada semester I - 2020 memang ramai. Namun, ternyata capaian di tahun ini bukan yang terbanyak dari sisi jumlah emiten dan bukan yang terbesar dari sisi dana yang dihimpun. (Bisnis / Abdurachman)
Premium

Wow, Bursa Ramai IPO, Berapa Total Emisinya Ya?

07 Juli 2020 | 20:15 WIB
Setiap semester I, pasar modal kerap kebanjiran emiten baru. Di tengah pandemi Covid-19 tahun ini pun, sejumlah emiten berduyun-duyun melaksanakan IPO di Bursa Efek Indonesia. Berapa kira-kira total emisi atau raihan dananya ya?

Bisnis.com, JAKARTA— Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat tren IPO pada semester I sejak 2015. Dari data tersebut ternyata dana paling besar tak dikumpulkan pada semester I/2020. Kira-kira kapan ya periode semesteran yang bisa mengumpulkan dana terbesar dan terbanyak?

Berdasarkan catatan data OJK, sepanjang tahun ini hingga akhir Juni 2020, dana yang dikumpulkan melalui penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) mencapai Rp3,01 triliun dari 25 emiten baru.

Adapun, Bisnis mencatat bahwa hingga awal Juli, pasar modal mendapat tambahan emiten baru sebanyak 32 emiten. Dari IPO yang digelar selama masa pandemi itu, terdapat Rp3,9 triliun yang terkumpul.

Awalnya, mungkin terlihat bahwa dana tersebut tergolong mini bila dihubungkan dengan capaian pada selama lima tahun terakhir. Alasannya, jumlah dana yang dikumpulkan masih kurang dari setengah rata-rata IPO tahunan.

Bahkan, untuk bisa mencapai realisasi IPO paling kecil yakni yang terjadi pada 2017 pun capaian saat ini masih terlalu minimal.

Bila dilihat pada periode yang sama yakni semester I, realisasi IPO tahun ini juga masih berada di urutan paling buncit. Namun bila dilihat dari jumlah emiten barunya, apa yang tercapai di tahun ini tak terlalu buruk.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top