Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Layanan Netflix kini bisa diakses oleh pelanggan Telkomsel dan Indihome, usaha milik Telkom (TLKM). (Bloomberg)
Premium

Telkom (TLKM) Copot Blokir Netflix, Akibat Bisnis atau Pajak Digital?

07 Juli 2020 | 15:50 WIB
Telkom akhirnya mencopot blokir Netflix yang sudah berjalan sejak 2016 itu. Apa ya penyebabnya?

Bisnis.com, JAKARTA— PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. akhirnya mencopot blokir akses jaringan pengguna terhadap konten Netflix. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Emiten berkode saham TLKM itu akhirnya melepas blokir jaringannya terhadap konten Netflix yang terpasang sejak awal 2016. Perseroan pun telah mengumumkan keputusan tersebut melalui keterangan resminya.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan pembukaan akses Netflix ini merupakan apresiasi Telkom dilakukan dengan komitmen Netflix untuk mengikuti sejumlah penyesuaian untuk pasar Indonesia.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” tutur Arif dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Selasa (7/7/2020)

Pendekatan yang dimaksud adalah bahwa Netflix menunjukkan komitmennya untuk serius dapat diterima masyarakat Indonesia melalui langkah-langkah yang dilakukannya, seperti memastikan ketersediaan tools dalam sistem untuk pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control).

Netflix juga menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan termasuk segera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top