Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Sudono Salim atau Liem Sioe Liong diapit oleh dua anaknya, yaitu Anthony Salim (kiri) dan sang kakak Andree Salim. - Nancy Chng
Premium

Historia Bisnis: Salim Group, Merakit Sekoci dari Pabrik Roti

05 Juli 2020 | 15:00 WIB
Salim Group rajin mengakuisisi sejumlah perusahaan roti di mancanegara sejak dekade 1990-an demi meningkatkan produktivitas pabrik tepung yang dimilikinya, yaitu Bogasari Flour Mills, divisi dalam PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF), yang merupakan perusahaan penggilingan tepung terigu terintegrasi.

Bisnis.com, JAKARTA — Tak ada angin tak ada hujan, grup konglomerasi Salim berupaya mempertebal dominasinya di QAF Ltd pada awal Juli 1996. QAF adalah sebuah pabrik roti yang terdaftar di bursa Singapura.

Sudono Salim, bos Salim Group pemilik Indofood, tidak tampak setengah-setengah. Seperti diwartakan Harian Bisnis Indonesia edisi 5 Juli 1996, tepat hari ini 24 tahun yang lalu, 2 kali dia menawar 2,5 juta lembar saham dan waran perusahaan tersebut.

Penawaran pertama terjadi pada Rabu (3/7/1996) di angka 1,93 dolar Singapura per lembar untuk saham dan 1,02 dolar Singapura per lembar untuk waran. Kemudian sehari sesudahnya, penawaran dinaikkan menjadi 2 dolar singapura per lembar untuk saham dan 1,1 dolar singapura per lembar untuk waran.

Penawaran kedua, yang tampak menggiurkan, akhirnya membuat tawaran Salim mendapat reaksi positif dari separuh pemegang saham yang ada. Tawaran pun diterima dan atas hal itu, kepemilikan Salim di QAF semakin kuat.

Bila ditotal dengan saham yang sudah ada, porsi kepemilikan mereka terhadap perusahaan itu meningkat cukup pesat jadi 33,2 persen. Mereka pun mencuat sebagai pemegang saham mayoritas sejak hari itu.

Banyak pengamat yang memprediksi langkah Salim itu sebagai upaya mengintegrasikan QAF dengan Bogasari, pabrik tepung yang mereka garap di Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top