Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja mengambil gambar pergerakan Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) dengan ponselnya di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (11/5/2020). Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pergerakan IHSG pada Senin (11/5 - 2020) berakhir di level 4.639,1 dengan penguatan sekitar 0,91 persen atau 41,67 poin dari level penutupan perdagangan sebelumnya. ANTARA FOTO / Muhammad Adimaja
Premium

Merunut Jejak Perusahaan Keluarga di Pasar Modal

04 Juli 2020 | 05:00 WIB
Ternyata hampir separuh emiten big caps merupakan bisnis keluarga. Siapa saja ya yang bisa langsung jadi bos di perusahaan orang tuanya?

Bisnis.com, JAKARTA – Naiknya Bani Maulana Mulia sebagai PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) belum lama ini menambah cerita tentang bisnis keluarga di pasar modal. Setidaknya hampir separuh emiten big caps ternyata merupakan bisnis keluarga.

Belum lama ini, PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) meresmikan direktur utama baru melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Bani Maulana Mulia resmi menduduki jabatan direktur utama menggantikan ayahnya, Masli Mulia yang naik ke jajaran dewan komisaris. Bani bukanlah wajah baru di SMDR, dia sudah masuk ke lingkungan perusahaan sejak 2009.

Dia sempat menduduki posisi direktur pelaksana sejak 2016. Sebelumnya, Bani menjabat sebagai komisaris utusan pada 2013 dan sekretaris dewan komisaris pada 2009 di perusahaan yang sama.

Selain itu, Bani juga memegang jabatan direktur utama pada sejumlah anak usaha SMDR, yakni di PT Samudera Terminal Indonesia, PT Samudera Perkapalan Indonesia, PT Samudera Agencies Indonesia, PT Samudera Properti Indonesia, PT Samudera Indonesia Logistik Kargo, PT Silkargo Indonesia, dan PT Perusahaan Pelayaran Nusantara Panurjwan.

Bani merupakan salah satu cucu raja kapal Indonesia yang merupakan pendiri Samudera Indonesia, Soedarpo Sastrosatomo. Dia lahir dari putri ketiga Soedarpo Sastrosatomo, Chandraleika Mulia yang kemudian menikah dengan Masli Mulia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top