Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (tengah) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (kedua kiri) dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Roy N Mandey (kiri), di Ace Hardware, Jakarta, Selasa (9/6/2020). - Antara / Reno.
Premium

Rekomendasi Saham, Menimbang Emiten Ritel Setelah Mal Buka Kembali

25 Juni 2020 | 09:56 WIB
Pembukaan mal mendatangkan sentimen positif bagi emiten yang ritel. Masih terdapat sejumlah emiten dengan PER di bawah 10.

Bisnis.com, JAKARTA – Pembukaan ekonomi membawa sentimen positif bagi emiten peritel. Dalam sebulan terakhir, lima saham emiten peritel telah menguat dobel digit dari 15 emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Dalam risetnya, analis JP Morgan Sekuritas Indonesia Benny Kurniawan memaparkan relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) merupakan awal  yang baik bagi emiten peritel. Berkah pembukaan kembali pusat perbelanjaan diproyeksi lebih dulu dirasakan oleh mal dengan segmen konsumen menengah ke bawah, disusul mal dengan profil konsumen kelas atas pada kuartal IV/2020.

 “Terkait dengan reopening mal, LPPF dan RALS tidak akan mendapat manfaat sebesar MAPI dan ACES,” tulisnya dalam riset yang dikutip Rabu (24/6/2020).

Berdasarkan data Bloomberg, dari 15 saham emiten peritel, Lima saham mencatatkan kenaikan saham tinggi itu yakni PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES) 17,62 persen, PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) 10,71 persen, PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) 13,22 persen, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk. (MAPA) 18,39 persen, dan PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) 18,45 persen.

Selain itu, terdapat tiga saham dengan price to earnings ratio di bawah 10 kali. LPPF menjadi saham peritel yang diperdagangkan dengan PER terkecil, yakni 3,33 kali. Selain LPPF, saham PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS) dan PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC) memiliki PER masing-masing 7,1 kali dan 9,78 kali.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top