Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi - Petugas mengawasi proyek pembangunan. - Antara / Zabur Karuru
Premium

Rekomendasi Saham: Menguji Kokoh Emiten Semen

22 Juni 2020 | 08:33 WIB
Penurunan BI 7 Days Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan oleh Bank Indonesia pada pekan lalu mendatangkan sentimen positif bagi emiten semen. Berharap properti dan infrastruktur menggeliat lagi.

Bisnis.com, JAKARTA – Saham emiten semen akan diuji dalam dua tantangan besar untuk dapat meningkatkan kinerja. Namun penurunan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia diperkirakan menjadi katalis positif mendorong bisnis seiring meningkatnya kembali proyek properti dan infrastruktur.

Dua tantangan industri semen yakni belum pulihnya konsumsi masyarakat dan beroperasinya sejumlah pabrik semen baru asal China. Dua pabrik semen baru yang resmi mulai beroperasi pada 2020 ini yakni PT Hong Shi Cement dan PT Semen Grobogan. Kedua pabrik ini akan menambah total kapasitas industri menjadi 116,30 juta ton per tahun. Naik dibandingkan tahun lalu sebesar 110,30 juta ton.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Mimi Halimin juga melihat adanya potensi pemulihan permintaan semen di dalam negeri. Namun, proyeksi itu masih dibayangi banyak tantangan.

“Outlook emiten semen untuk semester II/2020 lebih baik dari semester pertama sejalan dengan PSBB Jakarta yang berakhir pada Juni dan akan diikuti oleh daerah sekitarnya,” tulisnya dalam riset yang dipublikasikan pekan lalu.

Mimi menegaskan kondisi itu akan menggerakan roda perekonomian, termasuk sektor properti dan infrastruktur. Kendati demikian, proyeksi konsumsi semen domestik pada 2020 dipangkas menjadi minus 3,5 persen year-on-year sehingga menjadi sekitar 67,6 juta ton.

“Pendapatan emiten semen dapat dipastikan akan terkoreksi, tetapi laba bersihnya sangat dipengaruhi oleh efisiensi biaya. Kami masih mengharapkan laba bersih SMGR dan INTP akan tumbuh pada 2020,” paparnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top