Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Gedung Kementerian BUMN. - Bumn.go.id
Premium

Emiten BUMN Kucurkan Dividen Rp47,29 Triliun dan Bakal Bertambah

18 Juni 2020 | 21:00 WIB
Dari 17 emiten BUMN, total dividen yang dikucurkan Rp47,29 triliun. Bahkan masih bisa bertambah lagi

Bisnis.com, JAKARTA— Sejumlah emiten BUMN mengucurkan dividen dengan total Rp47,29 triliun dan masih mengalir bahkan bertambah sejalan dengan beberapa emiten lain yang bakal menggelar RUPS tahunan.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Bisnis, total dividen yang dibagikan emiten Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk tahun buku 2019 sebesar Rp47,29 triliun. Nilai tersebut setara dengan kapitalisasi pasar emiten lapis dua.

Adapun, nilai tersebut berasal dari dividen 17 emiten pelat merah. Menariknya, dividen terbesar berasal dari kelompok saham perbankan.

Lalu, disusul oleh emiten pertambangan dan konstruksi. Dari sisi bobotnya, tetap saja emiten bank masih belum bisa tersaingi oleh kelompok usaha lainnya.

Pasalnya, kelompok bank ini juga menduduki kelompok saham bermodal jumbo atau big caps. Emiten tersebut yakni PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) dan PT Bank BRI Tbk. (BBRI).

Baru kemudian emiten tambang dan beberapa emiten konstruksi yang turut mengisi indeks emiten yang paling royal membagi dividen sejagat pasar modal yakni Indeks High Dividend 20.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top