Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ahabe Group berawal dari berdirinya New Ratna Motor pada April 1961, distributor Toyota pertama di Indonesia dengan memasukkan tujuh unit Toyota Tiara di Jawa Tengah.
Premium

Ahabe Niaga Selaras Perlahan Lepas Saham Bintraco Dharma (CARS)

16 Juni 2020 | 20:30 WIB
PT Ahabe Niaga Selaras, pemilik jaringan diler Toyota di Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan merek dagang Nasmoco, tercatat tinggal menggenggam 16,45 persen atau 2,46 miliar saham PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk. (CARS).

Bisnis.com, JAKARTA — PT Ahabe Niaga Selaras (Ahabe), selaku entitas induk langsung PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk. kini tak lagi menjadi pemegang saham utama atau mayoritas emiten bersandi saham CARS.

Berdasarkan laporan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang dipublikasikan di situs PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (12/6/2020), Ahabe—pemilik jaringan diler Toyota di Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan merek dagang Nasmoco—tercatat tinggal menggenggam 16,45 persen atau 2,46 miliar saham CARS.

Dengan demikian, pemegang saham terbesar CARS kini adalah PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. (TRIM) dan Trimegah Asset Management sebanyak 18,38 persen atau 2,75 miliar lembar saham.

Adapun, pemegang saham lainnya adalah Weiser Global Capital Markets Ltd, yang beralamat di kota Nassau, Bahama, dengan kepemilikan 9,33 persen atau 1,39 miliar saham. Namun, berdasarkan data KSEI, saham milik Weiser ini tengah digembok oleh otoritas bursa. Sisanya, lebih dari 55 persen saham atau lebih dari 8 miliar lembar saham dikantongi oleh masyarakat.

Padahal, berdasarkan data RTI per 31 Mei tahun ini, Ahabe masih menggenggam 18,33 persen saham, sedangkan Trimegah mengempit 18,22 persen.

Jika dirunut saat melakukan pelepasan saham perdana pada 10 April  2017, di mana kala itu CARS berhasil mengumpulkan dana hingga Rp262,5 miliar dari saham perdana seharga Rp1.750, Ahabe menjadi pemegang saham terbesar dengan kepemilikan 50,22 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top