Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Obligasi Ritel Indonesia - Istimewa
Premium

Menakar Peluang Cuan dari ORI ke-17

04 Juni 2020 | 15:15 WIB
Pemerintah akan menawarkan ORI terbaru yakni ORI017 pada 15 Juni

Bisnis.com, JAKARTA— Obligasi ritel Indonesia (ORI) seri terbaru yang akan rilis bulan ini merupakan instrumen obligasi ritel yang pertama pada 2020. Berapa sih peluang cuan yang diterima dari ORI ke-17?

Melalui akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), waktu penawaran ORI seri ORI017 telah ditetapkan. Investor bisa melakukan pembelian mulai 15 Juni hingga 9 Juli 2020.

Kendati demikian, kupon yang ditawarkan masih belum diketahui. Namun, bukan berarti prakiraan cuan yang diterima tak bisa dihitung.

Untuk setiap pembelian ORI, investor dikenakan pajak penghasilan (PPh) final yakni 15 persen. Adapun, investor memeroleh kupon setiap bulan dengan tenor 3 tahun.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, cara penghitungan return bersih bulanan untuk pembelian ORI dengan cara mengalikan nilai pembelian dengan kuponnya terlebih dahulu.

Kemudian, nilai tersebut dibagi 12 karena kupon yang tercantum pada instrumen ORI merupakan kupon selama setahun yang pembayaran return-nya dilakukan secara bulanan. Dari angka tersebut, barulah dikalikan dengan 15 persen yang merupakan PPh.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top