Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Aktivitas pertambangan batu bara. (Bloomberg)
Premium

Kinerja Awal Tahun Padam, Ini Saham Emiten Batu Bara yang Masih Membara

02 Juni 2020 | 13:20 WIB
Di tengah padamnya kinerja sejumlah emiten batu bara pada kuartal I/2020, masih ada yang membara dari sisi teknis harga sahamnya

Bisnis.com, JAKARTA— Kendati kinerja emiten sektor batu bara pada kuartal I/2020 muram, masih ada emiten yang menawarkan cuan dari sisi pergerakan harga sahamnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, dari 10 emi­ten pertam­bangan batu bara, hanya PT Toba Bara Sejahtra Tbk. (TOBA) dan PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) yang mencetak pertumbuhan pendapatan pada kuartal I/2020.

Di sisi bottom line, enam emiten mengalami penurunan laba 17%-87% dan dua emiten berbalik rugi. Namun, TOBA dan GEMS masih mampu mendulang laba yang lebih tebal. 

Pelemahan harga batu bara global masih menjadi faktor utama penekan kinerja emiten komoditas emas hitam ini. Pada kuartal I/2020, harga batu bara Newcastle terkoreksi 2,64% dipicu oleh sentimen lockdown di beberapa negara untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengatakan dari 10 emiten yang telah menyampaikan laporan keuangan pada kuartal I/2020, hanya PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) dan PT Toba Bara  Sejahtera Tbk. (TOBA) yang tak likuid sehingga sulit dianalisis.

Di sisi lain, PT Golden Energy Mines Tbk.(GEMS) perdagangannya masih dihentikan dan PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) belum memiliki potensi penguatan dari level Rp50.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top