Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Jahja Setiaatmadja saat memberikan penjelasan mengenai kinerja keuangan, beberapa waktu lalu. - Bisnis - Dedi Gunawan
Premium

Bos BCA Jahja Setiaatmadja, Buah Jatuh Tak Jauh dari Pohonnya...

Andree Halim, kakak Anthony Salim, meminta Jahja Setiaatmadja, bergabung ke BCA sebagai wakil kepala divisi keuangan, dari posisi sebelumnya Direktur Keuangan PT Indomobil.

Bisnis.com, JAKARTA — Beragam profesi pernah dijalani oleh Tio Keng Soen, yang lahir pada 11 Desember 1923.

Dia pernah menjadi anggota Brigade Kebakaran Batavia pada 1942, lalu sempat menjadi pegawai PTI Rapur Amracab, pegawai Nigeo, dan pegawai kantor SIPET (Stichting Invoer Plannen en Toewijz).

Selain aktif selama bertahun-tahun dalam perkumpulan Pandu Sin Min Hui hingga umur 23 tahun, Keng Soen juga sempat menjadi pegawai di bagian keuangan Kantor Pusat Urusan Pemasukan Batavia, hingga akhirnya berlabuh di Bank Indonesia sebagai kasir hingga pensiun pada 1979. Jabatan terakhirnya saat pensiun adalah kepala kasir.

Tetapi jangan bayangkan Bank Indonesia seperti saat ini ya. Pasalnya, bekerja di Bank Indonesia sebagai kasir ternyata bukan jaminan untuk dapat hidup berkecukupan.

Gaji dan honor karyawan bank pada masa Orde Lama hingga dekade awal Orde Baru terbilang kecil. Penyebabnya, kala itu inflasi sangat tinggi dan membuat harga barang-barang menjadi mahal. Saat itu, hanya para pedagang, termasuk para importir, yang memiliki banyak uang.

Akibatnya, pasangan Tio Keng Soen-Tan Giok Kiem dan putranya Tio Sie Kian yang punya panggilan Kiki, kerap berpindah-pindah tempat tinggal, dari semula menumpang di rumah mama mertuanya, Kwee Tien Nio, di Jalan Raya Mangga Besar No. 91, pindah ke rumah orang tua Keng Soen di Pasar Baru Selatan No. 1 dan berkumpul dengan tiga keluarga lainnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top