Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Seorang siswi kelas 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan internet di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang kegiatan belajar dari rumah bagi pelajar di Jakarta hingga 19 April 2020, hal itu sesuai dengan perpanjangan status tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 bagi DKI hingga 19 April. - ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Premium

Prospek Sektor Telekomunikasi Selama Pandemi: Katanya Kebal, Tapi..

18 Mei 2020 | 18:45 WIB
Berbanding terbalik dengan proyeksi awal, kinerja operator telekomunikasi selama penerapan pembatasan sosial ternyata tak semulus dugaan. Mengapa?

Bisnis.com, JAKARTA — Meski digadang-gadang menuai untung dari pandemi Covid-19, sektor telekomunikasi ternyata juga menemui kendala yang bisa berujung pada penurunan kinerja perusahaan.

Sebut saja emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (ECXL), yang kesulitan memprediksi pertumbuhan kinerja pada kuartal II/2020.

“Jadi, saat ini, kami tidak bisa memberikan gambaran yang akan terjadi pada kuartal kedua ataupun full year 2020. Risiko perlambatan pertumbuhan karena ekonomi dan daya beli masyarakat yang menurun suatu realita yang harus dihadapi,” kata Presiden Direktur sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini kepada Bisnis, Sabtu (17/5/2020).

Dengan penurunan daya beli, perseroan melihat hal ini berkorelasi terhadap stagnasi pendapatan rata-rata per pelanggan (Average Revenue per User/ARPU) operator seluler pada kuartal I/2020.

Mengutip info memo XL Axiata, total pelanggan emiten berkode EXCL turun tipis menjadi 55,5 juta pada kuartal I/2020 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, yang menyentuh 56,7 juta pelanggan.

Menurut Dian, saat ini, perseroan berusaha mempertahankan kinerja dengan menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan baik, sembari mengantisipasi celah kesempatan yang akan muncul setelah krisis berlalu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top