Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pabrik semen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. di Narogong, Kabupaten Bogor. Solusi Bangun Indonesia merupakan entitas baru setelah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. mengambil alih kepemilikan Semen Holcim dari Lafarge Cement. Adapun saat didirikan, perusahaan ini bernama Semen Cibinong. - solusibangunindonesia.com
Premium

Historia Bisnis: Lampu Hijau Rezim Pak Harto buat BUMN Semen SMGR

16 Mei 2020 | 16:15 WIB
Saat itu Pemerintah Orde Baru bukan memilih perbankan, perusahaan transportasi, atau industri besar lain sebagai pelopor IPO. Perusahaan yang didorong untuk jadi BUMN IPO pertama justru sebuah pabrik semen.

Bisnis.com, JAKARTA — Memasuki medio awal 90an, pemerintahan Presiden Soeharto mencanangkan misi initial public offering (IPO) untuk 52 BUMN. Penerbitan PP Nomor 55 Tahun 1990 tentang Tata Cara BUMN untuk Go Public menjadi landasannya.

Yang kemudian menarik perhatian, pemerintah saat itu bukan memilih perbankan, perusahaan transportasi, atau industri besar lain sebagai pelopor IPO. Perusahaan yang didorong untuk jadi BUMN IPO pertama justru sebuah pabrik semen.

“Pelepasan saham pabrik semen BUMN itu hampir final,” ujar Jonker Sihombing selaku Presiden Direktur PT Indovest seperti dilansir berita utama Bisnis Indonesia edisi 16 Mei 1991, tepat hari ini 19 tahun yang lalu.

Jonker tidak menggertak. Bersamaan dengan ucapannya itu, pada hari yang sama dia mengumumkan pemerintah telah memberi lampu hijau untuk PT Semen Gresik Tbk. (SMGR), BUMN semen pertama yang dicanangkan mulai listing pada 8 Juli 1991, yang kini dikenal dengan Semen Indonesia.

Pemilihan SMGR bukannya tanpa dasar.  Fakta bahwa pada 1990 (tahun sebelum IPO) laba perusahaan ini mengalami pertumbuhan pesat menjadi pemicunya.

Dalam dokumen prospektus yang dirilis 20 Mei 1991, SMGR lantas mengumumkan jumlah saham yang bakal ditawarkan ke publik 40 juta lembar, alias sekitar 26,9 persen dari porsi keseluruhan dengan harga permulaan Rp7.000 dan 33 penjamin emisi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top