Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pialang memperhatikan Yield SUN Indonesia - Antara/Prasetyo Utomo
Premium

Buai Cuan Surat Utang Negara

15 Mei 2020 | 19:45 WIB
Permintaan surat utang negara meningkat seiring imbal hasil yang ditawarkan Indonesia di atas rata-rata negara di Asia Pasifik.

Bisnis.com, JAKARTA –Surat utang negara atau obligasi pemerintah menjadi pilihan investasi di tengah pandemi karena memberikan imbal hasil yang lebih stabil.

Tingginya minat akan obligasi negara itu terlihat turunnya imbal hasil atau yield. Berdasarkan data Bloomberg, yield surat utang negara (SUN) tenor 10 tahun Indonesia berada di level 7,83 persen pada Kamis (14/5/2020). Posisi itu terus mengalami penurunan dari 8,05 persen dari kondisi awal pekan, Senin (11/5).

Penurunan yield juga terjadi untuk tenor 5 tahun, 15 tahun, dan 20 tahun. Penurunan yield tersebut mencerminkan kenaikan dari sisi harga.

Head of Research & Market Information Department Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) Roby Rushandie menilai, penurunan yield didorong oleh aksi Bank Indonesia (BI) yang tengah melakukan stabilisasi di pasar surat berharga negara (SBN). Menurutnya, net transaksi bank sentral dalam sepekan terakhir hampir Rp50 triliun.

“Selain itu, bank juga banyak net transaksi beli di pasar SBN karena ada kewajiban beli SBN sebesar Rp100 triliun,” ujarnya, Kamis (14/5).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top