Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
 Karyawan menghitung uang di salah satu gerai penukaran uang di Jakarta, Senin (3/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Premium

Virus Corona Mengganas, Emiten Ramai-Ramai Pangkas Belanja Modal

05 Mei 2020 | 10:50 WIB
Pada bulan ke-5 tahun 2020, emiten ramai-ramai memangkas belanja modal tahun ini

Bisnis.com, JAKARTA— Virus corona mengganas, emiten ramai-ramai memangkas belanja modal pada tahun ini. Secara total, nilai belanja modal yang dipangkas mencapai Rp22 triliun.

Melambatnya kegiatan ekonomi pada akhirnya menjadi pendorong aksi pangkas belanja modal tahun ini. Emiten pun merespons kondisi sulit akibat pandemi dengan mengirit belanja modal. Kalangan ekonom telah meramalkan bahwa parahnya kontraksi ekonomi akibat pandemi virus corona akan terlihat pada kuartal II/2020.

Seperti PT Astra International Tbk. yang memotong separuh belanja modalnya tahun ini. Emiten berkode saham ASII itu sebelumnya memproyeksikan belanja modal bakal menyentuh Rp20 triliun hingga Rp21 triliun secara konsolidasi.

Head of IR Astra International Tira Ardianti menyatakan bahwa mengerem belanja modal pada tahun ini merupakan upaya untuk menjaga likuiditas di tengah pandemi. Sejauh ini, menurutnya, dampak pandemi terus membesar kepada Grup Astra.

 “Mengurangi belanja modal adalah salah satu upaya mengelola biaya dan menjaga kas. Berkurangnya [belanja modal] bisa separuh dari yang disampaikan di awal tahun, perkiraan kami akan sekitar Rp10 triliun—Rp11 triliun,” katanya.

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berlaku pada medio Maret 2020 ternyata telah berimbas pada rontoknya harga saham dan kinerja perusahaan pada kuartal I/2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top