Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengunjung menggunakan smarphone didekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Premium

Emiten Big Caps Bakal Kena Gelombang Penurunan Peringkat Enggak Ya?

29 April 2020 | 10:38 WIB
Beberapa lembaga pemeringkat menurunkan peringkat dan prospek sejumlah emiten karena kenaikan risiko

Bisnis.com, JAKARTA— Kenaikan risiko mengundang badai penurunan peringkat yang dirilis lembaga pemeringkat terhadap prospek sejumlah emiten. Namun, emiten bermodal jumbo disebut tak tersentuh gelombang penurunan peringkat. 

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, sejumlah lembaga pemeringkat baik nasional maupun internasional telah menurunkan peringkat dan/atau peringkat korporasi dalam beberapa pekan terakhir.

Fitch Ratings misalnya, telah merevisi peringkat dan outlook sejumlah emiten di sektor properti sejalan tingginya ekspos terhadap dampak penyebaran Covid-19.

Setidaknya terdapat 22 persen perusahaan di Tanah Air yang diperingkat memiliki risiko moderat hingga tinggi terhadap pandemi. Sisanya, cenderung memiliki risiko yang rendah terhadap pandemi.

Berdasarkan sektornya, properti, konstruksi, transportasi dan sektor terkait komoditas yakni perkebunan kelapa sawit dan pertambangan.

Direktur Pemeringkatan Perusahaan Fitch Ratings, Olly Prayudi menyebut bidang properti dan crude palm oil (CPO) bakal merasakan dampak pandemi paling parah. Tekanan yang terjadi sejak 2019 diperparah dengan pandemi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top