Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawati bank menata uang dollar dan rupiah di kantor cabang PT Bank Mandiri Tbk. di Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Premium

SUN Kian Menarik Tetapi Belum Dilirik

28 April 2020 | 09:28 WIB
Tingginya imbal hasil SUN tenor 10 tahun seharusnya membuat instrumen buatan pemerintah itu diminati investor

Bisnis.com, JAKARTA—Imbal hasil surat utang negara (SUN) tenor 10 tahun yang cenderung menanjak seharusnya menempatkan instrumen tersebut sebagai barang buruan investor. Namun, tingginya yield ternyata belum mampu menarik investor.

Berdasarkan laman worldgovernmentbonds, Selasa (28/4/2020) pukul 08.24 WIB, imbal hasil SUN tenor 10 tahun berada di level 8,1 persen, merangkak naik dari posisi bulan lalu yakni 8 persen. Bila dibandingkan dengan negara dengan peringkat utang yang sama yakni BBB, RI menawarkan imbal hasil yang paling tinggi.

Begitu pula bila dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara dan Amerika Serikat yang selisih imbal hasilnya semakin tebal.

Dengan imbal hasil ini, muskil bagi SUN mendapat minat rendah dari investor. Pada lelang yang akan digelar hari ini pun diperkirakan investor asing tak lebih bergairah bila dibandingkan dengan masa-masa awal lelang di 2020 saat penawaran masuk melebihi Rp100 triliun.

Adapun, hari ini pemerintah bakal menggalang dana Rp20 triliun hingga Rp40 triliun dari penawaran tujuh seri SUN. Target tersebut merupakan target tertinggi dibandingkan dengan lelang-lelang SUN sebelumnya pada periode berjalan 2020 sejalan dengan tingginya kebutuhan dana pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Indonesia Ramdhan Ario Maruto mengatakan saat ini pasar obligasi belum normal meski pergerakan yield relatif stabil. Kondisi itu, menurutnya, belum mampu menaikkan jumlah peminat lelang seperti awal tahun ini.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top