Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dijual di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

Otomotif Suram, Mana Sih Saham Emiten yang Masih Menarik?

28 April 2020 | 13:27 WIB
Melambatnya pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19 dampaknya sudah terlihat pada kinerja emiten otomotif tetapi ternyata masih ada yang bisa dipilih

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja beberapa emiten otomotif yang telah merilis laporan keuangan pada kuartal I/2020 menunjukkan hasil yang suram karena terdampak pandemi Covid-19. Simak ulasan lengkapnya.

Secara sektoral, dampak pandemi Covid-19 tak mampu tertahan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail pada Maret merosot 33,9 persen secara tahunan.

Penjualan roda empat di sepanjang Januari-Maret 2020 juga mengalami penurunan sebesar 15,9 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yakni sebanyak 260.804 unit.

Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto memperkirakan posisi agen pemegang merek (APM) pada kuartal II/2020 akan semakin sulit. Alasannya, pandemi merusak kegiatan dari sisi rantai pasok. Perinciannya, dia menyebut permintaan pasar domestik surut, pemberian kredit semakin terbatas, dan ekspor terimbas virus corona yang telah melanda lebih 200 negara di dunia.

"APM dan distributor beserta dealer-dealernya harus bertahan hidup dan tunggu sampai Covid-19 ini selesai," tuturnya belum lama ini.

Kendati demikian, Jongkie meyakini masa sulit ini akan segera terlewati. Penjualan industri otomotif  akan kembali normal, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkat.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top