Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pelanggan berada di XL Center, Jakarta, Kamis (21/6/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Premium

Biar Internet Enggak Lemot, XL Axiata (EXCL) Siap Guyur Dana Perkuat Sinyal

23 April 2020 | 14:07 WIB
Pandemi Covid-19 mengakibatkan PT XL Axiata Tbk. memfokuskan penguatan jaringan ke residensial agar layanan internetnya ngebut

Bisnis.com, JAKARTA—PT XL Axiata Tbk. memfokuskan wilayah permukiman sebagai sasaran penguatan sinyal. Pandemi Covid-19 memang membuat aktivitas online bertambah yang terkadang terhambat jaringan internet yang loyo.

Ramadan, Idulfitri dan mudik menjadi momentum bagi operator seluler mendapatkan bonus berupa tambahan trafik data. Menariknya, saat mudik kenaikan trafik justru terpusat di jalur-jalur yang dilintasi pemudik.

Namun, hal itu kemungkinan besar tak akan terjadi akibat pandemi Covid-19 mendorong masyarakat mengurangi kegiatan di luar ruang. Terlebih, pemerintah telah mengeluarkan ketentuan yang melarang tradisi tahunan, mudik.

Plt. Chief Teknologi Officer XL I Gde Darmayusa mengatakan dari pola yang dianalisis oleh perseroan, perkiraan jumlah pelanggan yang melakukan mudik tahun ini kurang dari separuh jumlah tahun lalu. Maka dari itu, prioritas emiten berkode saham EXCL itu akan berada di wilayah dengan lonjakan trafik tertinggi.

Adapun, daerah utama yang menjadi sasaran penguatan sinyal wilayah perkotaan dengan konsentrasi trafik data tinggi. Sebagai contoh, dia menyebut di daerah sekitar Jakarta yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, terjadi peningkatan trafik karena kebanyakan karyawan bekerja dari rumah.

Selain bekerja dari rumah, pelanggan di kawasan tersebut sebagian merupakan perantau yang diprakirakan tak akan mudik tahun ini. Oleh karena itu, penguatan jaringan di kawasan perkotaan akan lebih diprioritaskan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top