Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Foto aerial kawasan industri MM2100 di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Premium

Meskipun Kinerja 2019 Moncer, Tak Semua Emiten Kawasan Industri Berprospek Cerah di Tengah Corona

23 April 2020 | 17:18 WIB
Tahun 2019 menjadi tahun yang membawa keuntungan bagi emiten kawasan industri. Namun, kondisi pada 2020 tak bisa diremehkan

Bisnis.com, JAKARTA—Pandemi corona menjadi awan mendung bagi prospek bisnis emiten kawasan industri. Meskipun kinerja 2019 moncer, ternyata tak semua emiten di bidang ini punya prospek cerah.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) Sanny Iskandar mengatakan bahwa permintaan lahan industri pada awal tahun ini cukup baik karena tren positif penjualan pada kuartal IV/2019 berlanjut.

Tahun lalu, pertumbuhan penjualan lahan industri cukup pesat dengan total penjualan lahan sekitar 365 hektare, sedangkan pada 2018 sebesar 180 hektare. Hal ini lantaran kepercayaan diri investor mulai meningkat pascagelaran pemilihan umum. 

"Sebetulnya pada awal-awal tahun [2020] itu melanjutkan tren daripada penjualan lahan industri tahun lalu dan pada kuartal keempat itu melonjak," katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (21/4/2020).

Sayangnya, kata Sanny, kenikmatan transaksi penjualan lahan industri itu hanya berlangsung sampai dengan Februari 2020. Penjualan lahan mulai terhalang oleh Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal Maret atau saat kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo. 

Kendati demikian, dia tidak memperinci berapa total nilai dan luas penjualan lahan industri sepanjang kuartal I/2020 karena data-data sedang diolah.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top