Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Articulated dump truck mengangkut material pada pengerukan lapisan atas di pertambangan nikel PT. Vale Indonesia di Soroako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2019). - ANTARA/Basri Marzuki
Premium

Begini Prospek INCO, Saham Tambang Incaran Inalum

22 April 2020 | 14:26 WIB
PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) masih mengincar saham PT Vale Indonesia Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Vale Indonesia Tbk., emiten tambang berkode INCO menjadi incaran Inalum. Begini prospek sahamnya.

Belum lama ini, PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau Inalum mendapatkan penurunan outlook dari Moody’s. Sementara itu, peringkat yang disematkan tetap Baa2 untuk peringkat sebagai obligor dan surat utang senior tanpa jaminan perseroan.

Analis Senior dan VP Moody’s Nidhi Dhruv menyatakan bahwa outlook negatif yang disematkan merefleksikan proyeksi kinerja operasional Inalum dan anak usahanya yang akan tertekan pada tahun ini.

“Hal ini terutama disebabkan oleh kontraksi margin yang lebih rendah di tengah pelemahan harga komoditas dan perkiraan melemahnya kapasitas dan ekspansi hilir Inalum,” ujarnya pada keterangan resminya.

Kinerja keuangan perseroan diperkirakan akan melemah seiring dengan rencana akuisisi 20 persen—25 persen saham INCO. Aksi korporasi ini diperkirakan akan mengerek utang ke level US$6,5 miliar, dan tingkat leverage meningkat menjadi 8x—8,5x dari posisi 6,2x pada 2019.

Perseroan diperkirakan masih bisa menahan beban bunga dari tambahan itu dengan mengandalkan setoran dividen dari anak usahanya, PT Bukit Asam Tbk. Perusahaan yang 65 persen sahamnya dipegang Inalum diperkirakan akan membagikan dividen dengan besaran 90 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top