Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja farmasi beraktivitas memproduksi obat di pabrik Pfizer Indonesia, Jakarta Timur, Senin (29/4/2019). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Premium

Belum Rilis Lapkeu, Emiten Farmasi Ini Justru Cetak Kenaikan Harga Saham Tertinggi

15 April 2020 | 13:42 WIB
Hanya satu dari sembilan emiten farmasi yang belum merilis laporan keuangan tahun 2019, tetapi bisa cetak rekor kenaikan harga saham tertinggi

Bisnis.com, Jakarta—Sebagian besar emiten farmasi merealisasikan pertumbuhan laba bersih pada 2019. Namun, ternyata kenaikan harga saham tertinggi dicetak oleh satu emiten yang belum melaporkan kinerjanya. Kok bisa ya?

Laju harga saham emiten sektor farmasi secara rerata terkoreksi tipis yakni kurang dari 1 persen secara tahun berjalan. Hal itu menjadi kontras dengan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang terdiskon cukup dalam.

Menariknya, ada emiten dengan harga saham yang terkoreksi cukup parah dan kinerjanya juga tertekan yakni PT Merck Tbk. Ada pula emiten yang harga sahamnya justru naik tipis padahal laba bersihnya turun paling parah yaitu PT Kimia Farma Tbk.

Terakhir, emiten yang harga sahamnya naik 35,63 persen secara tahun berjalan padahal belum merilis laporan keuangan yakni PT Indofarma Tbk. Sisanya, emiten yang mengalami koreksi harga saham namun mampu mencetak pertumbuhan laba bersih dari 2 persen hingga 21 persen.

Keenam emiten tersebut yakni PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk., PT Pyrdam Farma Tbk., PT Darya Varia Laboratoria Tbk., PT Phapros Tbk., PT Tempo Scan Pacific dan PT Kalbe Farma Tbk.. Delapan emiten ini tercatat di pasar modal dengan kode saham MERK, KAEF dan INAF. Sisanya, tercatat dengan sandi SIDO, PYFA, TSPC dan KLBF.

Industri farmasi memang diharapkan mampu berkinerja keuangan yang baik pada 2019. Di sisi lain, dampak penurunan harga saham emiten farmasi lainnya mayoritas memang terlihat minim dibanding emiten dari sektor lain. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top