Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja memindahkan tandan buah segar sawit. - Sanjit Das/Bloomberg
Premium

Saat Mayoritas Emiten Sawit Loyo, Mana yang Masih Bertenaga?

14 April 2020 | 11:22 WIB
Masih ada emiten perkebunan sawit yang masih bertenaga padahal sebagian besar emiten sektor ini lesu

Bisnis.com, JAKARTA—Tahun 2019 dianggap menjadi tahun yang berat bagi emiten sektor perkebunan. Meskipun delapan emiten di sektor ini loyo, ternyata masih ada emiten di sektor ini yang bertenaga.

Dari hasil rekapitulasi kinerja sembilan emiten produsen minyak kelapa sawit menunjukkan bahwa hanya satu emiten yang mencetak pertumbuhan laba bersih secara tahunan. Lalu, sebagian besar mencatatkan penurunan laba bersih dan dua emiten harus menerima tambahan rugi.

Beberapa emiten yang telah melaporkan kinerjanya pada 2019 yakni PP London Sumatra Indonesia Tbk., PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk., PT Sampoerna Agro Tbk., PT Provident Agro Tbk. dan PT Astra Agro Lestari Tbk.. Lalu, PT Palma Serasih Tbk., PT Dharma Satya Nusantara Tbk., PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. dan PT Salim Ivomas Pratama Tbk..

Kesembilan emiten itu tercatat di pasar modal dengan kode saham LSIP, SMAR, SGRO, PALM dan AALI. Kemudian, PSGO, DSNG, ANJT dan SIMP.

Berdasarkan rekap yang dilakukan Bisnis, satu-satunya emiten yang mampu mencetak pertumbuhan laba pada 2019 yakni SMAR sebesar 50,3 persen ke level Rp898,69 miliar. Sementara itu, untuk pendapatan SMAR juga merealisasikan penurunan yakni sebesar 3,2 persen ke Rp36,12 trilun.

Pekerja mengangkat buah sawit yang dipanen di Kisaran, Sumatera Utara, Indonesia. (Bloomberg/Dimas Ardian) 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top