Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

Tertekan Komoditas dan Rupiah, Moody’s Juga Turunkan Peringkat Emiten Ini

02 April 2020 | 15:01 WIB
Tekanan bertubi-tubi datang pada kuartal I/2020 kepada empat emiten yang harus menerima imbas melemahnya harga komoditas, nilai tukar rupiah sekaligus penurunan peringkat utang dari Moody's

Bisnis.com, JAKARTA—Moody’s menurunkan peringkat utang empat emiten sekaligus sepanjang Maret 2020 yang ternyata mendapat tekanan juga dari harga komoditas dan pelemahan rupiah.

Nasib tersebut harus diterima PT Bumi Resources Tbk., PT Medco International Tbk., PT Alam Sutra Realty Tbk. dan PT Gajah Tunggal Tbk.

Moody’s Investors Service kembali menurunkan peringkat utang emiten berkode saham BUMI menjadi Caa1 dari sebelumnya B3. Dari keterangan resminya, Moody's juga menurunkan peringkat pada obligasi yang dikeluarkan oleh entitas anak usaha BUMI, Eterna Capital Pte. Ltd., yang jatuh tempo tahun 2022 dan dijamin oleh BUMI. Secara khusus, Moody's juga telah menurunkan peringkat obligasi seri A ke Caa1 dari B3, dan obligasi seri B ke Caa2 dari Caa1.

PT Bumi Resources Tbk - Istimewa

Selain BUMI, Moody’s mengubah prospek peringkat utang emiten berkode saham MEDC menjadi negatif dari stabil. Kendati prospek berubah negatif, Moody’s tetap mempertahankan peringkat utang B1 untuk emiten minyak dan gas itu.

Lembaga pemeringkat itu juga mempertahankan peringkat B1 untuk obligasi senior tanpa jaminan yang diterbitkan oleh entitas anak usahanya Medco Strait Services Pte. Ltd., Medco Platinum Road Pte. Ltd., Medco Oak Tree Pte. Ltd., dan Medco Bell Pte.Ltd. Obligasi itu dijamin oleh Medco tanpa syarat dan tidak dapat dibatalkan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top