Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

IHSG Turun Terus, Kapan Emiten Buyback?

Meski sudah ada lebih dari 40 emiten yang menyampaikan rencana buyback, tapi realisasi aksi korporasi itu ternyata masih rendah.
Tim Bisnis Indonesia
Tim Bisnis Indonesia - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  15:42 WIB
Papan elektronik menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Senin (23/3/2020). - Bisnis/Dedi Gunawan
Papan elektronik menampilkan perdagangan harga saham di Jakarta, Senin (23/3/2020). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Ketika Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menukik tajam dalam beberapa pekan terakhir, otoritas bursa mengeluarkan keputusan untuk memudahkan proses buyback saham. Namun, realisasi pembelian kembali saham ternyata masih rendah.

Hingga Jumat (20/3/2020), indeks melorot 33,41 persen secara year-to-date (ytd). Sementara itu, sepanjang pekan lalu saja, IHSG terkoreksi 14,52 persen ke level 4.194,944.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Surat Edaran OJK Nomor 3/SEOJK.04/2020 tanggal 9 Maret 2020. Garis besarnya adalah merelaksasi pembelian kembali atau buyback dapat dilakukan tanpa terlebih dahulu memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Sebagai respons, puluhan emiten mulai dari berkapitalisasi mini hingga jumbo mengumumkan rencana melakukan buyback saham. Setidaknya, sudah ada 46 perseroan yang telah menyampaikan rencana pelaksanaan aksi korporasi tersebut sampai Jumat (20/3).

Anda sedang membaca Premium Konten
Silahkan daftar gratis atau login untuk melanjutkan membaca artikel ini.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top