Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

Pinjam Duit Adaro US$100 Juta, Heru Hidayat Juga Berikan Personal Guarantee

04 Maret 2020 | 22:14 WIB
PT Adaro Energy Tbk (ADRO) siap mengambil langkah tegas terkait dengan rencana penyerahan pengelolaan dan pengoperasian aset PT Gunung Bara Utama kepada BUMN tambang.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) tidak mencadangkan penurunan nilai atas pinjaman US$100 juta yang diberikan oleh Adaro Capital Ltd. (ACL) kepada PT Trada Alam Minera Tbk. seiring dengan personal guarantee yang diberikan oleh Heru Hidayat, komisaris utama emiten bersandi saham TRAM.

Jadi, selain dijaminkan dengan gadai atas saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh milik PT Batu Kaya Berkat (BKB) dan PT Black Diamond Energy dalam PT Gunung Bara Utama (GBU), salah satu pemegang saham TRAM itu juga memberikan jaminan perorangan.

“Fasilitas pinjaman ini dijamin dengan gadai atas saham dan jaminan perorangan [borgtocht] dari Heru Hidayat, selaku salah satu pemegang saham TRAM,” demikian tertulis dalam poin 39 catatan laporan keuangan konsolidasian, yang disampaikan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (3/3/2020).

Adapun, fasilitas pinjaman US$100 juta itu sudah ditarik penuh oleh Trada Alam Minera sejak 31 Desember 2019.

Meski demikian, hingga laporan keuangan konsolidasian ADRO selesai dibuat pada 28 Februari 2020, PT Inti Pancar Dinamika (IPD), yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh TRAM, belum membangun jalan sepanjang 60 km, dari tambang milik GBU ke tambang milik Adaro MetCoal (AMC).

Sebagai informasi, pada 5 Juli 2019, entitas anak ADRO, yaitu PT Alam Tri Abadi (ATA) dan TRAM telah meneken Perjanjian Kerja Sama Logistik dan Infrastruktur. Kerja sama tersebut dilakukan agar ATA dapat menggunakan jalan milik GBU dan sekaligus menunjuk IPD untuk membangun jalan sepanjang 60 km.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top