Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pengunjung memfoto layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di galeri PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (6/2/2020). - Bisnis/Arief Hermawan P
Premium

Mengintip Saham Lapis Dua dan Tiga yang Prospektif

13 Februari 2020 | 15:41 WIB
Saham lapis dua dan tiga mana saja yang layak dikoleksi? Ini rekomendasinya.

Bisnis.com, JAKARTA — Meski kinerja IDX Small-Medium Cap rontok sepanjang awal tahun ini akibat sentimen saham gorengan dan larinya investor ke portofolio yang dianggap aman, tapi ternyata sejumlah saham dari kelompok tersebut masih cukup layak dikoleksi.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) per Rabu (12/2/2020), kinerja saham lapis dua dan tiga, yang tercermin melalui IDX Small-Medium Cap (SMC) Composite dan IDX SMC Liquid turun masing-masing 9,82 persen dan 11,05 persen. Pelemahan tersebut melampaui penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sekitar 6,13 persen.

Penurunan IDX SMC pun menjadi yang tertajam dibandingkan dengan sejumlah indeks lain di BEI, bersamaan dengan kinerja indeks saham syariah. Jakarta Islamic Index tercatat turun 10,07 persen, sedangkan Indonesia Sharia Stock Index turun 9,33 persen.

Indeks IDX SMC Composite merupakan indeks yang mengukur performa harga dari saham-saham yang memiliki kapitalisasi pasar kecil dan menengah. Ada 358 saham yang masuk ke dalam indeks tersebut.

Pelajar berada di Main Hall Bursa Efek Indonesia Jakarta./Bisnis-Dedi Gunawan

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top