Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Aktivitas bongkar muat batu bara di salah satu tempat penampungan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (3/10/2018). - ANTARA/Irwansyah Putra
Premium

Strategi Diversifikasi Komoditas ala United Tractors

12 Februari 2020 | 16:16 WIB
Di tengah tekanan terhadap harga komoditas batu bara, PT United Tractors Tbk. mencari peluang dengan mendiversifikasi bisnis ke pertambangan lain.

Bisnis.com, JAKARTA — Harga komoditas yang masih dalam tekanan, baik terkait kondisi geopolitik maupun perlambatan ekonomi, mau tak mau membuat emiten pertambangan harus mencari peluang baru.

PT United Tractors Tbk. adalah salah satunya. Emiten pertambangan batu bara yang bernaung di Grup Astra ini mesti merasakan beratnya situasi saat ini, ditunjukkan dengan turunnya harga saham perseroan hingga 16,26 persen ke level Rp18.025 per lembang per Selasa (11/2/2020).

Pada Rabu (12/2), saham perseroan kembali terseok dan ditutup di zona merah setelah turun 1,83 persen dari penutupan hari sebelumnya, menjadi Rp17.700 per lembar.

Namun, gejolak tak berpengaruh terhadap strategi diversifikasi dengan basis yang sama. Sebagai gambaran, berdasarkan laporan keuangan kuartal III/2019, bisnis emiten berkode saham UNTR ini masih mengandalkan bisnis kontraktor penambangan dengan kontribusi 51,71 persen dari total pendapatan.

Disusul oleh bisnis mesin konstruksi sebesar 43,26 persen dan penambangan batu bara sebesar 15,53 persen. Adapun bisnis penambangan emas menyumbang 8,95 persen, sedangkan bisnis konstruksi menyumbang 4,68 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top