Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan berada di depan papan elektronik yang menampilkan harga saham di Jakarta, Senin (22/7/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Premium

Emiten Anak Usaha BUMN Berjibaku Memacu Kinerja

08 November 2019 | 18:08 WIB
Setidaknya ada 13 entitas anak usaha BUMN yang telah menyampaikan laporan keuangan kuartal III/2019. Siapa emiten anak BUMN yang nilai pendapatan dan labanya paling besar?

Bisnis.com, JAKARTA—Sudah dapat dipastikan pada tahun ini tidak ada anak usaha BUMN yang mengelar initial public offering (IPO). Walaupun jumlah emiten dari keluarga pelat merah tidak bertambah, mari kita kupas realisasi kinerja anak usaha BUMN per kuartal III/2019.

Setidaknya ada 13 entitas anak usaha BUMN yang telah menyampaikan laporan keuangan kuartal III/2019. Jumlah pendapatan yang dikantongi 13 emiten anak BUMN itu mencapai Rp41,74 triliun.

Siapa emiten anak BUMN yang nilai pendapatannya paling besar?

Tercatat, tiga emiten anak BUMN yang nilai pendapatan Januari-September 2019 paling gemuk ialah PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (SMCB) Rp7,73 triliun, PT Elnusa Tbk. (ELSA) Rp5,19 triliun, dan PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) Rp5,49 triliun.

Ditilik dari sisi pertumbuhannya, pendapatan ELSA dan PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (AGRO) mencetak kenaikan tertinggi, yakni masing-masing 27,56% dan 25,57% secara year-on-year.

Saat mayoritas emiten anak BUMN mengantongi kenaikan pendapatan, tiga di antaranya mengalami koreksi di sisi top line. Mereka ialah PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) -12,9%, serta duo anak usaha PT Pelindo II (Persero) yaitu PT Jasa Armada  Indonesia Tbk. (IPCM) -9,9% dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) -6,33%.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top