Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Aktivitas bisnis inti PT Timah - Antara/Maha Eka Swasta
Premium

Merintis Mimpi Jadi Referensi Harga Timah Global

27 Agustus 2019 | 16:56 WIB
Indonesia tercatat sebagai eksportir terbesar timah dan menyumbangkan kurang lebih sekitar 23% pasar timah dunia. Mampukah Indonesia menjadi pemain yang makin diperhitungkan di pasar timah global?

Bisnis.com, PANGKALPINANG - Ada aktivitas tak biasa di kawasan Gudang BGR Malahayati pada Senin (25/8/2019). Gudang yang berdekatan dangan smelter timah di Jalan Ketapang Raya, Pangkalpinang, Bangka Belitung, itu mendadak sibuk karena menjadi lokasi peluncuran Bursa Timah dan ekspor perdana timah murni batangan.

Di bawah teriknya panas matahari, jajaran Jakarta Futures Exchange (JFX), para pimpinan pelaku usaha timah, hingga Gubernur Kepulauan Bangka Belitung hadir meramaikan halaman Gudang BGR Malahayati.

Seremoni itu menandakan tonggak sejarah baru di bidang perdagangan fisik timah murni batangan Indonesia. Mampukah momentum itu menjadi pintu bagi Indonesia untuk menjadi pemain yang makin diperhitungkan di pasar timah global?

Berbicara soal komoditas timah, potensi Indonesia tak bisa dianggap sebelah mata. Berdasarkan laporan Bank Dunia yang teranyar, Negeri Khatulistiwa menjadi produsen kedua timah terbesar setelah China. Namun, Indonesia tercatat sebagai eksportir terbesar di dunia.

Indonesia menyumbangkan kurang lebih sekitar 23% market timah dunia dan sedikit demi sedikit mimpi menjadi pembentuk acuan harga mulai terajut dan mulai tampak hilalnya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top