Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Menanti Realisasi IPO Anak BUMN - Bisnisgrafik/Amri Hidayat
Premium

Kemarau Go Public BUMN di Tahun Politik

20 Agustus 2019 | 11:25 WIB
Faktor tahun politik dan kondisi pasar yang kurang kondusif membuat sejumlah BUMN mengkaji ulang rencana IPO anak usaha pada 2019.

Bisnis.com, JAKARTA - Lima tahun lalu saat tahun politik 2014, PT Wijaya Karya Beton Tbk. menjadi satu-satunya perusahaan dari keluarga BUMN yang melantai di Bursa Efek Indonesia. Dari aksi IPO, dana segar Rp1,21 triliun mengalir ke kantong anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. itu.

Tahun politik 2019 bisa jadi beda cerita. Pasalnya, hingga 8 bulan pertama 2019, belum ada satu pun anak usaha BUMN yang menggelar aksi go public.

Rencana demi rencana sempat diumbar oleh sejumlah korporasi pelat merah. Sebut saja PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. yang merancang initial public offering dua anak usaha sejak 2018.

Dua entitas anak yang akan diboyong WIKA untuk masuk Bursa, yakni PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (Wikon) dan PT Wijaya Karya Realty.

Apa daya, memasuki awal tahun ini, WIKA mengatur ulang jadwal go public anak usahanya. Namun, hingga kini, rencana aksi korporasi itu masih menggantung.

WIKA hanya satu dari sejumlah induk usaha BUMN yang melirik opsi IPO untuk menggalang dana segar sekaligus membuat anaknya lebih "mandiri".

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top