Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Pertahankan Suku Bunga Acuan, Sektor Saham Mana yang Terdampak?

Analis memperkirakan beberapa sektor saham akan terdampak keputusan Bank Indonesia (BI) yang mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di 3,5 persen.
Analis memperkirakan beberapa sektor saham akan terdampak keputusan Bank Indonesia  (BI) yang mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di 3,5 persen./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Analis memperkirakan beberapa sektor saham akan terdampak keputusan Bank Indonesia (BI) yang mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di 3,5 persen./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Days Reserve Repo Rate (BI7DRR) pada 3,50 persen. Analis memperkirakan beberapa sektor saham dapat terdampak akibat kebijakan ini.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya mengatakan, kebijakan BI untuk mempertahankan suku bunga acuan telah diantisipasi pasar sebelumnya. Dia melihat, keputusan ini menjadi sentimen yang baik bagi pasar modal.

"Pasar sudah memperkirakan bahwa Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI akan tetap [mempertahankan suku bunga] 3,5 persen, sehingga sebenarnya menjadi sentimen bagus untuk pasar modal," ucap Chril kepada Bisnis, Kamis (23/6/2022).

Sebagai informasi, sesaat setelah keputusan RDG BI dibacakan, IHSG tercatat naik ke zona hijau setelah mengalami depresiasi sejak pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (23/6/2022). IHSG ditutup di level 6.998 atau meningkat 0,20 persen hari ini.

Akan tetapi, lanjutnya, kebijakan ini dapat berdampak kurang baik terhadap nilai tukar rupiah yang berpotensi melemah. Pasalnya, Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve bergerak agresif meningkatkan suku bunga acuan mereka.  

Cheril mencermati, kebijakan BI untuk mempertahankan suku bunga ini dapat berdampak kurang baik bagi emiten-emiten yang memiliki utang relatif besar. Meski demikian, dia memandang terdapat pula sektor yang akan diuntungkan dari keputusan BI ini.

"Sektor yang utangnya relatif besar seperti konstruksi dan teknologi akan makin tertekan. Tetapi, sektor finansial akan diuntungkan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper