Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi! XL Axiata (EXCL) dan Axiata Group Akuisisi Link Net (LINK) Rp8,7 Triliun

Saham PT Link Net Tbk. (LINK) mengalami crossing jumbo hari ini, Rabu (22/6/2022), dengan transaksi mencapai Rp8,71 triliun.
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini/XL Axiata
CEO PT XL Axiata Tbk. Dian Siswarini/XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan Axiata Group Bhd resmi menyelesaikan akuisisi 66,03 persen saham PT Link Net Tbk. (LINK).

EXCL diketahui mengakuisisi sebanyak 550 juta saham LINK atau setara 20 persen kepemilikan dengan harga Rp4.800 per saham. 

Sebagai informasi, saham LINK mengalami crossing jumbo hari ini, Rabu (22/6/2022), mencapai Rp8,71 triliun. Empat broker terlibat dalam transaksi ini, yakni PT Maybank Kim Eng Sekuritas dengan kode broker ZP, PT Ciptadana Sekuritas Asia (KI), PT Mandiri Sekuritas (CC), dan PT CGS-CIMB Sekuritas (YU).

Transaksi ini melibatkan sejumlah 18,2 juta lot saham, dengan nilai total mencapai Rp8,71 triliun. Saham-saham tersebut ditransaksikan pada harga beli rata-rata Rp4.800.

Transaksi pembelian tercatat dilakukan oleh Maybank Sekuritas dengan kode broker ZP sebesar Rp6,07 triliun, dari CGS-CIMB Sekuritas. Sementara itu, Mandiri Sekuritas melakukan pembelian sebanyak 5,5 juta lot saham dari Ciptadana Sekuritas dengan nilai Rp2,6 triliun.

Sekretaris Perusahaan XL Axiata Ranty Astari Rachman mengatakan, EXCL memperoleh sejumlah 550.316.196 saham LINK dari pembelian ini.

Ranty menuturkan, EXCL membeli saham LINK pada harga Rp4.800 per saham. Transaksi ini dilakukan pada hari ini, Rabu (22/6/2022).

"Investasi demi memberikan nilai positif bagi seluruh pemegang saham, manajemen, dan karyawan, juga memberikan manfaat terhadap industri telekomunikasi di Indonesia secara lebih luas," ujar Ranty, Rabu (22/6/2022).

Adapun Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd, anak perusahaan yang berada di bawah payung Axiata Group, membeli saham LINK dengan porsi yang lebih besar yakni 46,03 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper