Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antam Bantu Kembangkan UMKM dan Dorong Pelestarian Budaya di Kabupaten Bogor

Bantuan sektor UMKM ini merupakan realisasi dari komitmen Antam untuk mendorong peningkatan perekonomian rakyat dan pelestarian budaya.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  15:19 WIB
Antam Bantu Kembangkan UMKM dan Dorong Pelestarian Budaya di Kabupaten Bogor
Foto: dok. PT Aneka Tambang Tbk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk. (Antam), anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, membangun gedung UMKM dan memberikan bantuan sarana kebudayaan di sekitar wilayah operasi perseroan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bantuan sektor UMKM ini merupakan realisasi dari komitmen Antam untuk mendorong peningkatan perekonomian rakyat dan pelestarian budaya.

Basar Simanjuntak, Direktur Sumber Daya Manusia Antam, mengatakan bahwa bantuan gedung UMKM akan membantu masyarakat terutama pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran dan peningkatan pendapatan.

Kehadiran gedung UMKM diharapkan dapat menjawab beberapa tantangan yang dihadapi pelaku UMKM seperti kurang kompetensi SDM, jaringan pemasaran, dan permodalan.

“Dengan latar belakang tersebut, pada Februari lalu Antam memberikan bantuan pembangunan gedung UMKM di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, untuk dimanfaatkan sebagai tempat edukasi pelaku UMKM, galeri produk UMKM, dan juga sebagai wadah berkumpul pelaku UMKM di Kecamatan Ciseeng,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (6/6/2022).

Basar menjelaskan untuk pengembangan UMKM di Kabupaten Bogor, Antam bekerja sama dengan stakeholder setempat yang telah memiliki kepedulian dalam pengembangan usaha UMKM di wilayah Kecamatan Ciseeng.

Selain pembangunan gedung UMKM, pada bulan yang sama Antam juga menyalurkan bantuan guna melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia. Salah satunya menyasar budaya Sunda melalui pelatihan dan penciptaan karya seni sehingga dapat berperan dalam menunjang sektor pariwisata dan kebudayaan khususnya di Kabupaten Bogor.

Basar mengatakan Antam senantiasa berkomitmen untuk berupaya mendukung pemerintah terutama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional berupa tari-tarian tradisional khususnya kepada generasi muda di Kabupaten Bogor.

Untuk itu, Antam menyalurkan bantuan sarana dan prasarana berupa peralatan kesenian dan renovasi sanggar kepada Sanggar Seni Rahayu yang berlokasi di Leuwiliang Bogor.

“Pemberian bantuan sarana dan prasarana untuk sanggar seni ini merupakan komitmen perusahaan dalam melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan [TJSL] khususnya implementasi pada Pilar Sinergi Unggul di sektor Pendidikan,” jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

antam
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top