Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wall Street Lanjut Melemah, Bursa AS Menuju Fase Bearish

Analis memperkirakan pasar saham akan diperdagangkan di dekat wilaya bearish untuk beberapa bulan mendatang.
Seorang pelaku pasar tengah memantau pergerakan harga saham di bursa New York Stock Exchange (NYSE), New York, Amerika Serikat./Bloomberg
Seorang pelaku pasar tengah memantau pergerakan harga saham di bursa New York Stock Exchange (NYSE), New York, Amerika Serikat./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Amerika Serikat melanjutkan pelemahan pada penutupan perdagangan Kamis (19/5/2022) waktu setempat setelah pasar gagal bangkit dari hari terburuk mereka sejak Juni 2022.

Berdasarkan data Bloomberg, pada Jumat (20/5/2022), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 0,75 persen atau 236,94 poin ke 31.253,13, S&P 500 anjlok 0,58 persen atau 22,89 poin ke 3.900,79, dan Nasdaq tergelincir 0,26 persen atau 29,66 poin ke 11.388,50.

Penurunan tersebut memperpanjang aksi jual investor baru-baru ini yang dipicu oleh kekhawatiran kenaikan suku bunga Federal Reserve untuk mengendalikan tingkat inflasi yang agresif.

“Kami memperkirakan pasar saham akan diperdagangkan di dekat atau di wilayah pasar bearish untuk beberapa bulan mendatang, menciptakan pasar terikat kisaran yang membuat frustrasi yang akan menguji keinginan banyak investor,” kata Pendiri Claro Advisors, Ryan Belanger dalam sebuah catatan.

Kerugian mengikuti kumpulan hasil kuartalan yang lebih lemah dari perkiraan dari data pedagangang eceran besar AS yang memicu ketakutan investor tentang tekanan inflasi.

Perusahaan retail Target (TGT) kehilangan seperempat dari nilai pasarnya pada Rabu (18/5/2022) setelah perusahaan melaporkan margin operasi jauh di bawah perkiraan analis dan memangkas prospek setahun penuh. Hal ini dipicu biaya transportasi yang lebih tinggi karena kenaikan harga bahan bakar.

Laporan Target juga mengikuti penurunan pendapatan dari Walmart (WMT), berita yang telah mengirim saham raksasa ritel itu turun 17 persen dalam dua hari terakhir, menandai aksi jual dua hari terburuk sejak 1987.

"Saham yang tampaknya aman, bahan pokok seperti Target dan Walmart, tidak kebal. Investor melihat saham-saham ini dan berpikir bahwa itu adalah tempat yang aman, dan sekarang tidak lagi,” kata CIO Cresset Capital Jack Ablin kepada Yahoo Finance Live.

Penurunan di pasar ekuitas pada Rabu juga menyusul pernyataan hawkish dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada konferensi Wall Street Journal awal pekan ini yang mengisyaratkan dengan kuat dua kenaikan suku bunga 50 basis poin dalam pertemuan penetapan kebijakan bank sentral yang akan datang.

Ketidakpastian seputar kecepatan dan besarnya siklus kenaikan suku bunga Fed telah memicu tekanan di pasar ekuitas yang telah bertahan sepanjang tahun karena investor khawatir atas prospek perlambatan ekonomi jika bank sentral bertindak terlalu agresif.

Pada 2022 sejauh ini, S&P 500 kira-kira 18 persen di bawah level tertinggi sepanjang masa pada 3 Januari 2022, sekali lagi mengarah ke wilayah bearish, sementara Dow turun sekitar 14 persen selama periode yang sama dan Nasdaq telah jatuh lebih dalam ke teritori bearish, 28 persen di bawah rekor harga penutupan pada November 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Bloomberg/Yahoo Finance
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper