Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indika Energy (INDY) Dapat Suntikan Dana Alpha JWC dan Horizons Ventures, Buat Apa Ya?

Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures telah menandatangani perjanjian pinjaman yang dapat dikonversi senilai senilai US$7,5 juta atau setara 21,4 persen kepemilikan saham di Ilectra Motor Group, anak usaha Indika Energy (INDY).
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  14:23 WIB
Indika Energy (INDY) Dapat Suntikan Dana Alpha JWC dan Horizons Ventures, Buat Apa Ya?
Hon Hai Precision Industry Co. Ltd. (Foxconn), Gogoro Inc, PT Industri Baterai Indonesia (IBC), dan PT Indika Energy Tbk menandatangani komitmen kerja sama untuk membangun ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia dengan nilai total investasi mencapai US8 miliar (setara Rp114 triliun). - Indika Energy
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Indika Energy Tbk. (INDY) memperoleh suntikan dana dari Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures untuk pengembangan motor listrik, lewat pendirian anak perusahaan baru bernama PT Ilectra Motor Group atau IMG.

Direktur Indika Energy Purbaja Pantja menjelaskan, kerja sama antara INDY, Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures baru ditandatangani pada Kamis, 19 Mei 2022. IMG akan berperan sebagai perusahaan ventura dan induk usaha bisnis kendaraan listrik roda dua.

“Terbaru, baru ditandatangani kemarin, adalah terkait partnership dengan Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures dalam PT Ilectra Motor Group atau IMG untuk mengembangkan motor listrik,” kata Purbaja dalam paparan publik INDY, Jumat (20/5/2022).

Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures merupakan perusahaan ventura terkemuka dengan rekam jejak investasi di berbagai perusahaan teknologi strategis. Dalam perjanjian pada 19 Mei 2022, Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures telah menandatangani perjanjian pinjaman yang dapat dikonversi senilai senilai US$7,5 juta atau setara 21,4 persen kepemilikan saham (total gabungan Alpha JWC dan Horizons) di IMG. 

“Sekarang statusnya masih utang dahulu yang nanti kemudian hari bisa dikonversikan ke depannya. Investasi dari mereka sekitar US$7,5 juta dan dengan ini kita akan menggunakan dananya untuk mengembangkan bisnis kami berbasis kendaraan motor roda dua,” lanjutnya.

Bersamaan dengan perjanjian tersebut, Indika Energy juga akan melakukan investasi tambahan sebesar US$7,5 juta. Dengan demikian, total investasi yang berkaitan dengan perjanjian ini mencapai US$15 juta.

Purbaja menyebutkan potensi dari kendaraan listrik di Indonesia cukup menjanjikan. Merujuk pada proyeksi Kementerian Perindustrian, produksi kendaraan motor listrik pada 2025 bisa mencapai 1,8 juta unit dengan nilai US$2,4 miliar. Nilai ini ditargetkan terus terus meningkat menjadi 3,2 juta unit pada 2035 dengan nilai US$4,4 miliar.

“Ini tren yang baik menurut kami. Karena itulah kami ingin menjajaki pasar motor listrik Indonesia jika melihat potensi volume ataupun nilai. Ini sangat menarik untuk kami jajaki ke depannya. Dan kami beruntung punya mitra seperti Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures yang memiliki rekam jejak investasi di startup dan perusahaan teknologi,” kata Purbaja.

Selain kerja sama dengan Alpha JWC Ventures dan Horizons Ventures, perusahaan juga menjajaki kerja sama dengan PT Industri Baterai Indonesia (IBC), Foxconn, dan Gogoro Inc untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indika energy StartUp investasi startup Sepeda Motor Listrik alpha jwc
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top