Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Indonesia Terus Pulih, Saham Konsumer, Perbankan, dan Energi Ketiban Cuan?

Prospek pasar saham Indonesia masih sangat menarik di mata para investor terutama untuk sektor yang diuntungkan oleh kenaikan harga komoditas dan pemulihan aktivitas ekonomi. 
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (9/5/2022).  Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (9/5/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Saham konsumer, perbankan, dan energi menjadi sejumlah sektor yang diyakini akan diuntungkan dengan tren pemulihan ekonomi Indonesia. 

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menjelaskan, prospek pasar saham Indonesia masih sangat menarik di mata para investor. Hal ini terutama untuk sektor sektor yang diuntungkan oleh kenaikan harga komoditas dan pemulihan aktivitas ekonomi. 

"Dengan ketahanan ekonomi Indonesia yang teruji sepanjang masa pemulihan akibat pandemi, maka sejauh ini prospek pasar saham kita masih sangat baik," katanya saat dihubungi, Kamis (19/5/2022).

Menurut Ivan, sektor yang berpotensi menikmati dampak positif tersebut diantaranya adalah basic material, consumer cyclical, consumer noncyclical, energi, serta industri terkait pertambangan batu bara

Ke depannya, potensi pasar Indonesia akan dioengaruhi oleh beragam dinamika perekonomian global yang mempengaruhi harga komoditas. Selain itu, investor juga akan memantau kebijakan terkait upaya global menekan inflasi. 

Ia mengatakan, selain menjadi sebuah tantangan, hal ini juga dapat menjadi kesempatan bagi para investor. Menurutnya, dampak dari setiap perubahan yang terjadi sudah terukur sehingga nantinya akan tercapai kondisi keseimbangan yang baru pada aktivitas ekonomi.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyanti menambahkan, sektor saham potensial yang akan terdampak positif dalam tren pemulihan ekonomi adalah perbankan. Hal ini mengingat sektor perbankan sebagai pintu gerbang terdepan dalam aktivitas ekonomi, seperti penyaluran kredit. 

Sektor saham lain yang akan terimbas positif menurut Desy adalah infrastruktur. Ia mengatakan, rencana kerja pemerintah yang akan melanjutkan kembali proyek-proyek yang sempat tersendat saat pandemi akan meningkatkan kegiatan bisnis emiten-emiten di bidang udaha ini 

"Sektor consumer non-cyclical juga akan terkena dampak positif karena sifatnya memang kebutuhan mendasar, sehingga permintaan akan selalu ada," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper