Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa yang Terjadi Ketika Blockchain Seperti Terra Luna Mati?

Investasi berbasis blockchain tetap memiliki segelintir pengikut setia, banyak dari mereka bermimpi jaringan Terra Luna secara cepat atau lambat akan pulih.
Pendiri TerraLabs Do Kwon/Istimewa.
Pendiri TerraLabs Do Kwon/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar kripto telah dibuat terkejut oleh runtuhnya stablecoin TerraUSD dengan cepat. Fenomena tersebut diramal bisa berdampak pada satu hal yang sama pentingnya: hilangnya nyawa dari investasi berbasis blockchain.

Mengutip Bloomberg, Selasa (17/5/2022), blockchain Terra, platform yang mendukung sejumlah fungsi terdesentralisasi yang memungkinkan pelanggan menukar uang kripto dan mendapatkan untung, dihentikan karena nilai cryptocurrency terpentingnya, Luna, dan stablecoin TerraUSD (UST) mengalami tekanan harga secara terus-menerus.

Penghentian ini dinilai sebagai solusi terbaik mencegah ekosistem yang memelihara lebih dari 110 functions yang terkait dengan lebih dari 4 juta dompet digital menjadi lebih kacau.

Blockchain Terra memang sempat diaktifkan lagi dan ada upaya mempertahankannya sistem bekerja, yakni rencana baru pendiri TerraLabs, Do Kwon untuk memulai model baru blockchain tanpa UST. Namun percobaan itu bahkan menunjukkan upaya yang sia-sia dengan harga Luna mendekati nol. Sementara itu, banyak kemampuannya telah dinonaktifkan.

“Terra dalam tipenya saat ini tidak berguna untuk semua functions yang masuk akal,” kata Kyle Samani, salah satu pendiri Multicoin Capital.

Matinya ekosistem kripto dari dimensi Terra akan menandai tonggak sejarah baru blockchain, sebagai pedoman digital yang awalnya dibuat untuk membantu Bitcoin lebih dari satu dekade di masa lalu dan sekarang menjadi landasan dari berbagai cryptocurrency.

Adapun banyak blockchain yang lebih kecil akhirnya menjadi tidak berguna, dengan pembelian dan penjualan tunai mereka berada pada harga lebih rendah dari US$1. Ini menjadi tanda dari korban desain ekosistem yang buruk, konflik di antara pembangun blockchain hingga aksi peretasan.

Kendati demikian, investasi berbasis blockchain tetap memiliki segelintir pengikut setia, banyak dari mereka bermimpi jaringan secara cepat atau lambat akan pulih dan nilai uang mereka akan meroket, sehingga membuat mereka kaya. Sekarang Terra menghadapi masalah yang sama, tetapi dalam skala yang lebih besar.

“Saya percaya kuantitas akan mengering dan hanya akan diperdagangkan kadang-kadang, lalu mati,” kata John Griffin, seorang profesor keuangan di College of Texas di Austin.

“Begitu tidak ada insentif finansial untuk mempertahankan blockchain, seseorang mematikan energi listriknya,” tambahnya.

Pada dasarnya, blockchain adalah database yang dapat menampung banyak atau 1.000 functions dan melaporkan transaksi moneter terkait. Sistem mereka biasanya open-source, dibuat oleh sekelompok pembangun (builder) dan didukung oleh operator sistem komputer yang mengkonfirmasi transaksi dan mendapatkan hadiah dengan token atau uang tunai yang dibuat khusus untuk digunakan pada masing-masing blockchain.

Token dapat berfungsi sebagai hadiah untuk kode yang lebih baik, membuat aplikasi baru dan apa yang disebut staking, yakni ketika pemegang token menunjukkan uang mereka kepada operator komputer yang memesan pertukaran sebagai imbalan untuk hasil pendapatan. Para trader biasanya mendapatkan token asli blockchain atau koin terkait sebagai imbalan atas bantuan uangnya.

Blockchain, kemudian, dinilai sebagai ekosistem moneter yang rapuh. Semula harapannya adalah ketika anggota tambahan terlibat dalam sebuah blockchain, maka transaksi akan meningkat, dan nilai koin ikut meningkat. Alhasil pada akhirnya menarik investor baru dan membuat sebuah circle yang baik.

Tetapi ketika token seri runtuh, insentif finansial semua orang untuk membantu blockchain juga menguap.

Dalam kasus Terra, salah satu dari banyak landasan komunitas adalah stablecoin UST-nya, yang berhenti bekerja beberapa minggu yang lalu. UST dirancang untuk menggunakan algoritme dan insentif dealer dalam hubungannya dengan Luna untuk mempertahankan acuan rasio 1-1 dengan dolar AS. Mamun mekanisme ini rusak saat mempromosikan kejatuhan UST, justru memicu penurunan yang lebih dalam di Luna.

Dengan runtuhnya nilai Luna, aktivitas transaksi mengering di seluruh blockchain. Namun, staking telah dihentikan: Hanya 0,01 persen dari semua Luna yang dipertaruhkan hari ini, sebagai tanggapan terhadap pelacak Terra Station.

Nilai penuh Terra terkunci dalam aplikasi karena platform DeFi Anchor Protocol telah turun drastis, meluncur dari lebih dari US$31 miliar pada April 2022 ke wilayah yang tidak menguntungkan, sebagai tanggapan terhadap DeFi Llama, salah satu pelacak lainnya.

Sementara itu, Terra Dapp Expo, sebuah acara yang dijadwalkan pada Juni 2022 dan dirancang untuk menampilkan ekosistem blockchain yang berkembang, telah dibatalkan.

Polygon sebagai blockchain saingan Terra, sudah melihat arus masuk dari para builder yang melarikan diri dari Terra. Hal tersebut disampaikan Chief Info Safety Officer Polygon, Mudit Gupta.

Menurutnya, Polygon sudah berbicara dengan 6 tasks dari ekosistem Terra dan sekitar 25 builder yang sedang mempertimbangkan untuk pindah ke komunitas blockchain yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper