Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mulai Hari Ini, BEI Ubah Indeks LQ45 dan 6 Indeks Saham Lainnya

BEI mengumumkan perubahan terhadap 7 indeks saham yang berlaku mulai hari ini.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  07:35 WIB
Mulai Hari Ini, BEI Ubah Indeks LQ45 dan 6 Indeks Saham Lainnya
Karyawati beraktivitas di sekitar logo PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis (4/6/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan perubahan sejumlah indeks BEI, termasuk Indeks LQ45 dan Indeks Bisnis-27, yang akan berlaku mulai hari ini, Senin (9/5/2022), perdagangan perdana setelah libur Lebaran.

Perdagangan BEI terakhir pada Kamis (28/4/2022), dan Jumat mulai libur seiring dengan penetapan libur Lebaran Idulfitri oleh pemerintah. BEI kembali beroperasi pada hari ini setelah sepekan lebih libur.

BEI mengumumkan perubahan terhadap 7 indeks. Sejumlah 5 indeks, mengalami perubahan minor, termasuk Indeks LQ45. Selain itu, 2 indeks mengalami perubahan mayor atau anggota sahamnya, seperti Indeks Bisnis-27.

NOJenis EvaluasiNama Indeks Periode
1MinorIDX30Mei s.d. Juli 2022
2MinorLQ45Mei s.d. Juli 2022
3MinorIDX80Mei s.d. Juli 2022
4MinorKompas 100Mei s.d. Juli 2022
5MinorPefindo 25Mei s.d. Juli 2022
6MayorBisnis-27Mei s.d. Oktober 2022
7MayorSMInfra18Mei s.d. Oktober 2022

"Daftar dan jumlah saham yang digunakan dalam penghitungan indeks pada indeks-indeks tersebut akan efektif berlaku pada tanggal 9 Mei 2022," papar BEI dalam pengumumannya.

Indeks LQ45 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

IDX30 adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

IDX80 adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 80 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

KOMPAS100 adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 100 saham yang memiliki likuiditas yang baik dan kapitalisasi pasar yang besar. Indeks KOMPAS100 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media Kompas Gramedia Group (penerbit surat kabar harian Kompas).

PEFINDO25 adalah Indeks yang mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat kecil dan menengah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi. Indeks PEFINDO25 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).

BISNIS-27 adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 27 saham yang dipilih oleh Komite Indeks Bisnis Indonesia. Indeks BISNIS-27 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit surat kabar harian Bisnis Indonesia).

SMinfra18 adalah Indeks yang mengukur kinerja harga dari 18 saham yang konstituennya dipilih dari sektor­sektor infrastruktur, penunjang infrastruktur, dan pembiayaan infrastruktur (dari sektor perbankan) yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Indeks SMinfra18 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI).

Dari 45 saham Indeks LQ45, sejumlah 19 saham di antaranya mengalami perubahan minor. Saham-saham seperti BBCA, EMTK, UNVR, mengalami perubahan bobot. Berikut daftarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI indeks bisnis27 pefindo25 lq45 indeks idx30
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top