Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Memanas, OPEC+ Tetap Sepakat Naikkan Produksi

OPEC+ tetap berpegang pada rencana yang ada untuk peningkatan produksi minyak moderat pada Juni meskipun harga minyak mentah melonjak.
Tangki penyimpanan minyak di California, Amerika Serikat/Bloomberg-David Paul Morris
Tangki penyimpanan minyak di California, Amerika Serikat/Bloomberg-David Paul Morris

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak global menguat pada akhir perdagangan Kamis (5/5/2022) waktu setempat, menyusul reli yang kuat di sesi sebelumnya, setelah Uni Eropa (UE) meluncurkan rencana untuk menghapus minyak Rusia secara bertahap.

Melansir Antara, Jumat (6/5/2022), minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juni bertambah 45 sen atau 0,4 persen, menjadi menetap di US$108,26 per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli terangkat 76 sen atau 0,7 persen, menjadi ditutup pada US$110,90 per barel di London ICE Futures Exchange.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Rabu (4/5/2022) bahwa Uni Eropa akan menghentikan pasokan minyak mentah Rusia dalam enam bulan dan produk olahan pada akhir tahun. Rencana tersebut merupakan bagian dari paket keenam sanksi yang menargetkan Moskow atas operasi militernya di Ukraina.

Berita itu memicu kekhawatiran atas pasokan yang ketat. Standar minyak mentah AS dan Brent masing-masing melonjak 5,3 persen dan 4,9 persen, pada Rabu (4/5/2022).

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, mengatakan pada Kamis (5/5/2022) bahwa mereka akan tetap berpegang pada rencana yang ada untuk peningkatan produksi minyak moderat pada Juni meskipun harga minyak mentah melonjak.

Aliansi tersebut menegaskan kembali "keputusan untuk menyesuaikan kenaikan produksi keseluruhan bulanan sebesar 432.000 barel per hari untuk Juni 2022," menurut sebuah pernyataan yang dirilis setelah Pertemuan Tingkat Menteri OPEC dan non-OPEC ke-28.

Sementara itu, dolar AS yang kuat menghadirkan hambatan untuk harga minyak. Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, melonjak 1,14 persen menjadi 103,7540 pada akhir perdagangan Kamis (5/5/2022). Secara historis, harga minyak berbanding terbalik dengan harga dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper