Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Ito Warsito, Eks Direktur Utama BEI dan Komisaris KSEI

Masih menjabat sebagai Komisaris Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Warsito bin Muchyadi (Ito Warsito) dikabarkan menutup usia pada Kamis malam (28/4/2022) di usia 60 tahun.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 29 April 2022  |  14:31 WIB
Direktur Utama yang baru PT Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio (kiri), dan mantan Direktur Utama Ito Warsito berfoto bersama seusai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (25/5). - JIBI/Dedi Gunawan
Direktur Utama yang baru PT Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio (kiri), dan mantan Direktur Utama Ito Warsito berfoto bersama seusai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (25/5). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Masih menjabat sebagai Komisaris Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Warsito bin Muchyadi (Ito Warsito) dikabarkan menutup usia pada Kamis malam (28/4/2022) di usia 60 tahun.

Almarhum Ito dalam keterangan resmi KSEI, akan disemayamkan pada hari ini Jumat (29/4/2022) di San Diego Hills, Al-Halim.

Di akhir usianya, Ito diketahui menduduki beberapa jabatan baik di lembaga keuangan maupun di perusahaan terbuka.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Ito diketahui menduduki jabatan sebagai Komisaris KSEI mulai dari 26 Juni 2018. Selain itu, mantan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2015 tersebut juga menjabat sebagai komisaris di beberapa perusahaan.

Adapun Ito tercatat sebagai Komisaris Independen PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS). Selain itu, dia juga diangkat sebagai komisaris PT Pelabuhan Indonesia Investama sejak 5 Desember 2017 hingga saat ini.

Jabatan Komisaris Independen pun juga dipegang Ito di perusahaan broker PT RHB Sekuritas Indonesia.

Melalui laman resmi KSEI, Ito juga disebutkan sedang menjabat sebagai anggota Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengemban banyak jabatan komisaris tersebut tidak terlepas dari jejak karir Ito di bidang keuangan.

Berdasarkan berbagai sumber yang dikumpulkan Bisnis, dia menyelesaikan pendidikan dan meraih gelar Akuntan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Jakarta dan Master of Business Administration dari Harvard Business School, Boston, Amerika Serikat.

Kemudian karirnya dimulai dari bekerja di Kementerian Keuangan pada 1990, dan akhirnya menjabat sebagai Direktur Utama BEI pada 2009. Selama masa jabatannya sebagai Dirut BEI, salah satu capaian kerjanya adalah mentransmisikan teknologi sistem perdagangan saham melalui Straight Through Processing (STP).

Ito pun juga pernah menjadi Ketua Komite Audit PT Sarimelati Kencana Tbk. (PZZA) pada Maret 2018, dan kemudian di perusahaan yang sama juga pernah menjabat Komisaris Independen.

Selain itu, beberapa jabatan strategis yang pernah diembannya di antara lain Chief Financial Officer PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia pada 2006-2009. Kemudian, Chief Executive Officer dan Komisaris Utama PT Bahana Securities pada 2006-2009 dan Dirut PT Bahana Securities pada 2003-2006.

Mengutip keterangan resmi PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Jumat (29/4/2022), Ito Warsito meninggal dunia di usia 60 tahun pada Kamis, 28 April 2022 pukul 22.40 WIB di Rumah Sakit (RS) Siloam MRCCC Semanggi.

Almarhum Ito Warsito dimakamkan di San Diego Hills, Al Halim, A11B pada Jumat, 29 April 2022 sebelum dishalatkan pada ba’da shalat Jumat di Masjid Al-Azhar, Jakapermai.

“KSEI memberikan penghargaan atas pengabdian beliau. Semoga amal ibadah Almarhum diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa,” jelas keterangan resmi KSEI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bei ksei ito warsito sawit sumbermas sarana
Editor : Pandu Gumilar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top