Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gojek Tokopedia (GOTO) Hanya Boleh Tahan Saham Greenshoe 3 Tahun

Seluruh saham yang dibeli lewat skema greenshoe oleh PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) hanya boleh dikuasai paling lama tiga tahun.
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan penawaran umum saham perdana (IPO) PT Bukalapak.com  berpotensi mengerek nilai kapitalisasi pasar bursa sekitar Rp77,3 triliun hingga Rp87,3 triliun./ Bisnis-Dhiany
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan penawaran umum saham perdana (IPO) PT Bukalapak.com berpotensi mengerek nilai kapitalisasi pasar bursa sekitar Rp77,3 triliun hingga Rp87,3 triliun./ Bisnis-Dhiany

Bisnis.com, JAKARTA - Seluruh saham yang dibeli lewat skema greenshoe oleh PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) hanya boleh dikuasai paling lama tiga tahun.

Agen stabilisasi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia menghabiskan jatah saham greenshoe pada perdagangan Rabu (27/4/2022).

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengatakan, terkait dengan pengaturan saham yang dibeli kembali, sesuai Pasal 37 Ayat 4 Undang-Undang Perusahaan Terbuka (UUPT).
"Saham yang dibeli kembali oleh perseroan hanya boleh dikuasai perseroan paling lama tiga tahun," kata Nyoman, Kamis (28/4/2022).

Setelah akhir periode stabilisasi, kata Nyoman, GOTO akan menerima saham yang dibeli di pasar sekunder, jika harga saham emiten di pasar sekunder selama periode stabilisasi atau sampai dengan dihentikannya aktivitas stabilisasi harga berada pada tingkat di bawah dengan harga penawaran.

"Atau GOTO akan menerima saham yang dibeli di pasar sekunder dan sisa dana stabilisasi, atau dana stabilisasi bila agen stabilisasi tidak melaksanakan stabilisasi harga," tuturnya.

Adapun menurut Nyoman, skema greenshoe telah lazim diterapkan di bursa-bursa negara lain. Beberapa Bursa yang umum memiliki skema greenshoe pada saat IPO di antaranya Hong Kong Stock Exchange (HKEX) dan Bursa Amerika baik New York Stock Exchange atau Nasdaq.

Sebagaimana diketahui, pada keterbukaan informasi perseroan pada 27 April 2022, stabilisasi GOTO sudah dilakukan seluruhnya, dengan transaksi tanggal 27 April 2022 memiliki harga rata–rata pembelian pada Rp293,24.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper