Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanpa Dividen, RUPST Adaro Minerals (ADMR) Ganti Presiden Direktur

Pemegang saham Adaro Minerals Indonesia (ADMR) menyetujui penggunaan laba bersih perusahaan untuk tahun fiskal 2021 yang mencapai US$156,7 juta.
Ilustrasi proyek PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), anak usaha PT Adaro Energy Tbk. (ADRO).
Ilustrasi proyek PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), anak usaha PT Adaro Energy Tbk. (ADRO).

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten anak usaha PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR) telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2022. Hasil RUPST tersebut sepakat tidak membagikan dividen dan terjadi pergantian direksi.

Presiden Direktur Adaro Minerals Indonesia Christian Ariano Rachmat mengatakan puas dengan kinerja perusahaan pada 2021. Perseroan berhasil mencatat pertumbuhan produksi, meningkatkan pengembalian, dan menghasilkan penciptaan nilai yang signifikan.

"Kondisi industri yang positif semakin mendorong profitabilitas, yang tentunya kami syukuri. Saat ini kami berfokus untuk mempertahankan keunggulan operasional dan mempersiapkan perusahaan untuk pertumbuhan jangka panjang," ungkapnya, Rabu (27/4/2022).

Emiten berkode ADMR ini akan mengoptimalkan peran sebagai pusat pengelolaan dan pengkoordinasian seluruh bisnis Grup Adaro yang berhubungan dengan produk mineral.

"ADMR memiliki rencana pengembangan yang sangat menarik, yang diawali dengan proyek smelter aluminium di bawah PT Adaro Indo Aluminium. Untuk saat ini, manajemen memandang investasi pada pengembangan bisnis adalah pilihan terbaik untuk memaksimalkan penciptaan nilai dari ADMR,” tambahnya.

Pemegang saham ADMR menyetujui penggunaan laba bersih perusahaan untuk tahun fiskal 2021 yang mencapai US$156,7 juta.

Dari total laba bersih, US$1,57 juta disimpan sebagai dana cadangan wajib untuk mematuhi ketentuan pasal 70 UU no. 40 tahun 2007 mengenai perseroan terbatas sementara sisanya sebesar US$155 juta ditetapkan sebagai laba ditahan.

Kondisi pasar yang sangat kondusif pada tahun 2021 memungkinkan ADMR mengejar diversifikasi bisnis demi memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Operasi utama perusahaan yang meliputi pertambangan batu bara metalurgi, serta diversifikasi ke bisnis smelter aluminium, akan membuka jalan merealisasikan potensi ADMR menjadi perusahaan yang lebih lestari dan ramah lingkungan, untuk memasok produksinya ke industri-industri yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

Sementara itu, para pemegang saham menyetujui perubahan anggaran dasar perusahaan terkait penambahan posisi Wakil Presiden Direktur dalam susunan direksi perseroan. 

Para pemegang saham menerima dan menyetujui pengunduran diri Priyadi dari posisi sebagai Direktur ADMR dan memberikan pembebasan dan pelepasan sepenuhnya (acquit et décharge) tindakan pengelolaan perusahaan yang telah dilaksanakan selama masa jabatan sebagai Direktur perusahaan sampai penutupan RUPST ini.

Para pemegang saham juga menerima dan menyetujui penghentian Iwan Dewono Budiyuwono dari posisi sebagai Presiden Direktur perusahaan, penunjukan Christian Ariano Rachmat sebagai Presiden Direktur perusahaan, penunjukan Iwan Dewono Budiyuwono sebagai Wakil Presiden Direktur perusahaan, dan penunjukan Wito Krisnahadi sebagai Direktur perusahaan untuk masa jabatan sejak penutupan RUPST ini sampai tanggal 31 Agustus 2026.
 
Dengan demikian, susunan direksi perusahaan menjadi sebagai berikut:
1. Presiden Direktur: Christian Ariano Rachmat
2. Wakil Presiden Direktur: Iwan Dewono Budiyuwono
3. Direktur: Totok Azhariyanto
4. Direktur: Hendri Tamrin
5. Direktur: Heri Gunawan
6. Direktur: Wito Krisnahadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper