Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tidak Mau Kalah, Bukalapak (BUKA) Salip Harga Saham Gojek Tokopedia (GOTO)

Selama sepekan perdagangan harga saham PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) stabil di atas harga saham PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk.
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (14/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (14/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Selama sepekan perdagangan harga saham PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) stabil di atas harga saham PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk.

Pada Jumat (22/4/2022), saham BUKA ditutup pada posisi Rp370 atau turun 0,54 persen. Namun, dalam sepekan terakhir, berdasarkan data RTI saham perseroan telah menguat 6,94 persen dari posisi awal di level Rp346.

Investor asing dalam sepekan ini melakukan aksi jual sebanyak Rp41 miliar di semua pasar. Meski demikian, saham emiten teknologi ini masih jauh dari posisi awal IPO sebesar Rp850.

Di sisi lain, saham GOTO ditutup pada level Rp340 alias stagnan. Pada hari ini, saham teknologi itu diperdagangkan sebanyak 38.862 kali dengan perkiraan transaksi sebesar Rp2,04 triliun.

Adapun dalam sepekan terahir, saham GOTO telah turun 9,57 persen dari posisi awal pecan di level Rp376. Meski masih tertinggal dibandingkan dengan performa saham BUKA dalam sepekan, tetapi investor asing tercatat rajin melakukan akumulasi beli.

Investor asing menghabiskan dana hingga Rp384,96 miliar di seluruh pasar untuk mengoleksi saham GOTO.

Di sisi lain, Agen stabilisasi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia mulai melakukan kegiatan stabilisasi harga atau skema greenshoe terhadap saham GOTO, hari ini, Rabu (20/4/2022).

Direktur CGS-CIMB Sekuritas Indonesia Sugiharto Widjaja mengatakan, pihaknya membeli sebanyak 1.222.575.500 saham GOTO dengan harga pembelian rata-rata Rp338 untuk melakukan stabilisasi harga.

"Jumlah akumulasi saham yang telah dibeli dan persentasenya hingga saat ini adalah 1,22 miliar atau 20,07 persen dari 6.092.258.400 saham," tulis Sugiharto dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (20/4/2022).

Dengan demikian, nilai akumulasi saham yang telah dibeli hingga saat ini adalah sebesar Rp413,2 miliar.

Sebagai informasi, greenshoe merupakan mekanisme yang memberikan GoTo fleksibilitas untuk menunjuk broker sebagai agen stabilisasi sahamnya dalam periode 30 hari sejak saham listing di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam 30 hari tersebut, agen stabilisasi bisa membeli saham GOTO di harga berapapun, sampai maksimum harga IPO yakni sebesar Rp338 per saham dalam 30 hari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper