Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia 8 Fakta Unik Mengenai Bitcoin yang Harus Diketahui!

Membekali diri dengan deretan fakta Bitcoin jadi cara terbaik untuk menumbuhkan keyakinan kamu atas masa depan cryptocurrency. Berikut delapan fakta unik mengenai Bitcoin.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Keberadaan mata uang kripto atau cryptocurrency sudah menginjak usia lebih dari satu dekade. Tetapi, pandangan negatif masih kerap muncul saat membicarakan uang kripto terutama Bitcoin.

Seiring dengan perkembangannya, Bitcoin menjadi mata uang kripto yang paling berharga di antara mata uang kripto lainnya. Mengutip coinmarketcap.com, Sabtu (16/4/2022), harga Bitcoin (BTC) selama 24 jam terakhir naik 0,78 persen ke harga US$40.430,1 per koin.

Kendati naik, harganya telah turun 4,89 persen sepanjang 7 hari terakhir. Dengan kapitalisasi pasar mencapai US$769,69 miliar, BTC yang beredar mencapai 19,01 juta koin.

Volatilitas ini yang menjadi salah satu fakta yang membuat Bitcoin dipandang negatif. Tetapi, sisi baiknya, perbedaan pandangan tersebut justru membuka ruang diskusi dan memunculkan rasa penasaran publik.

Membekali diri dengan deretan fakta Bitcoin jadi cara terbaik untuk menumbuhkan keyakinan kamu atas masa depan cryptocurrency.

Sebelum mulai bertanya dari A-Z, simak dulu delapan fakta unik mengenai Bitcoin berikut, seperti dikutip dari Pintu Academy, Sabtu (16/4/2022).

Berikut ini delapan fakta unik mengenai Bitcoin

  1. Jumlah Bitcoin

Ada berapa banyak jumlah Bitcoin yang bisa dibeli? Jumlah Bitcoin sebetulnya terbatas karena hanya tersedia 21 juta. Sejauh ini, jumlah Bitcoin yang beredar sudah menyentuh angka 18,5 juta. Angka itu masih terus bertambah mengingat makin banyak orang dan institusi yang membeli Bitcoin setiap hari.

  1. Bitcoin Pizza Day

Tahukah anda 22 Mei dirayakan sebagai Bitcoin Pizza Day? Semua berawal dari momen yang terjadi pada 22 Mei 2010. Laszlo Hanyecz, programmer asal Florida sukses membeli dua porsi Pizza Papa John dengan 10.000 BTC. Itulah pembelian resmi pertama dengan Bitcoin. Saat itu nilai 10.000 BTC sekitar US$41, sedangkan nominal tersebut sekarang sudah bernilai lebih dari US$64 juta!

  1. Bitcoin Pernah Dikirim ke Luar Angkasa

Sejarah mencatat pada 2016, mata uang kripto membuat debut pertama pengiriman ke luar angkasa. Provider cloud service, Genesis Mining, mengikatkan dompet kertas dan model 3D Bitcoin ke balon cuaca. Sebuah GoPro disematkan untuk melacak perjalanannya. Transaksi tersebut akhirnya berhasil dilakukan pada ketinggian 20 kilometer dan 34 kilometer.

  1. Misteri Pembuat Bitcoin

Tahukah nama Satoshi Nakamoto, yang disebut-sebut sebagai pembuat Bitcoin, sebetulnya nama samaran seseorang atau sekelompok orang? Dia atau mereka ini diyakini mengembangkan pembuatan Bitcoin pada 2009. Namun, jejak Nakamoto menghilang secara misterius dari internet dua tahun kemudian.

Tak heran jika kemudian banyak orang mengklaim dirinya adalah Satoshi Nakamoto, tetapi tidak ada satu pun yang punya bukti kuat. Sampai detik ini, misteri pembuat Bitcoin belum terpecahkan. Pada akhirnya, banyak orang setuju untuk membiarkan sang pembuat mata uang desentralisasi ini tetap anonim, sama seperti sifat pembuatan Bitcoin.

  1. Transaksi Bitcoin Gratis

Merasa rugi saat harus membayar biaya layanan transaksi lewat bank maupun PayPal? Hal tersebut tidak akan kamu alami dengan Bitcoin. Transaksi Bitcoin bisa dibilang bebas fee karena tidak membutuhkan perantara. Beberapa transaksi menerapkan sedikit biaya, tetapi itu hanya untuk membayar mereka yang ‘menambang’ Bitcoin. Ujungnya, biaya kecil itu pun tetap akan dilepas ke sistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Transaksi Bitcoin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper