Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI: Gojek Tokopedia (GOTO) Decacorn Pertama yang Listing di Bursa Asean

Bursa Efek Indonesia menyebut GOTO sebagai perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi decacorn dan merupakan decacorn pertama yang berhasil tercatat di bursa Asean.
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan penawaran umum saham perdana (IPO) PT Bukalapak.com  berpotensi mengerek nilai kapitalisasi pasar bursa sekitar Rp77,3 triliun hingga Rp87,3 triliun./ Bisnis-Dhiany
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan penawaran umum saham perdana (IPO) PT Bukalapak.com berpotensi mengerek nilai kapitalisasi pasar bursa sekitar Rp77,3 triliun hingga Rp87,3 triliun./ Bisnis-Dhiany

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi melakukan pencatatan perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (11/4/2022). GOTO menjadi emiten ke-15 yang tercatat di 2022 dan ke-781 di BEI.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, pencatatan saham GOTO menjadi milestone penting bagi perusahaan, maupun bagi industri pasar modal Indonesia.

Menurutnya, melalui proses go public, GOTO menjadi saham karya anak bangsa dengan ekosistem terbesar di Indonesia dengan raihan dana Rp13,7 triliun dan kapitalisasi pasar Rp400 triliun.

"Hal tersebut menjadikan GOTO sebagai perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi decacorn dan merupakan decacorn pertama yang berhasil tercatat di bursa Asean," kata Nyoman, Senin (11/4/2022).

Selain itu, lanjut Nyoman, GOTO menjadi perusahaan rintisan pertama yang tercatat di papan utama BEI. GOTO juga menjadi perusahaan tercatat pertama yang menerapkan struktur permodalan dengan hak suara multipel atau multiple voting shares (MVS).

Regulasi MVS yang memberikan hak suara lebih besar ke pendiri, dibandingkan voting power yang dimiliki pemegang saham biasa, sehingga kebijakan strategis perusahaan sesuai visi dan misi pendirinya.

Nyoman berharap hal ini menjadi pembuka bagi perusahaan startup lainnya untuk melakukan IPO dan mencatatkan efeknya di BEI.

"Bursa berharap GOTO sebagai perusahaan tercatat segera merealisasikan rencana strategis dengan proceed yang tadi, senantiasa berinovasi, serta menjaga transparansi dan akuntabilitas ke publik," ucapnya.

Dia juga berharap, keberhasilan tahapan IPO ini juga bisa dilanjutkan dengan tercapainya keberhasilan perusahaan menjaga kinerja setelah IPO, yang ditunjukkan dengan kinerja fundamental dan kinerja pasar di masa mendatang.

"Bursa akan mendukung GOTO mencapai kinerja terbaiknya, sehingga dapat mencapai kontribusi optimal ke pemegang saham," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper