Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Membaik saat Lebaran, Simak Saham-Saham Pilihan Mirae

Mirae Asset Sekuritas melaporkan 8 rekomendasi saham pilihan jelang Lebaran.
Pekerja melintas di depan layar elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (12/8/2020). Bisnis/Abdurachman
Pekerja melintas di depan layar elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (12/8/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA — Perekonomian Indonesia memperlihatkan pemulihan yang kuat di tengah momen Ramadan dan Lebaran. Mobilitas yang lebih longgar telah mendorong naiknya aktivitas ekonomi.

Analis Mirae Asset Sekuritas Hariyanto Wijaya dalam risetnya menyebutkan mobilitas masyarakat mencapai level tertingginya sepanjang pandemi Covid-19, seiring dengan jumlah kasus aktif yang turun.

Tren di Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur memperlihatkan kunjungan ke stasiun, ritel dan rekreasi, taman, dan lokasi kerja mencapai level tertinggi sejak pandemi Covid-19. Sementara itu, kunjungan ke lokasi belanja kebutuhan sehari-hari dan farmasi juga mencapai rekor sejak gelombang Delta

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat makin nyaman beraktivitas di luar rumah,” kata Hariyanto dilansir Senin (11/4/2022).

Meningkatnya aktivitas ekonomi, ditambah dengan kebijakan pemerintah yang akomodatif menjelang Lebaran, diyakini bakal mendorong kinerja sektor ritel. Sebagaimana diketahui, pemerintah menetapkan cuti bersama Lebaran sebanyak 10 hari, jauh meningkat dibandingkan dengan 2 tahun sebelumnya.

Jumlah pemudik diestimasi mencapai 85 juta orang dan pemerintah telah mewajibkan perusahaan untuk membayar tunjangan hari raya (THR) dengan Penuh tanpa dicicil.

“Hal ini akan mendorong belanja pakaian dan produk nonesensial lainnya. THR yang wajib dibayar Penuh tanpa relaksasi juga akan mendorong daya beli masyarakat menengah ke bawah untuk belanja saat festive season,” lanjutnya.

Di sisi lain, kebijakan bank sentral Amerika Serikat The Fed untuk melanjutkan kenaikan tingkat suku bunga diperkirakan tidak terlalu berdampak negatif pada pasar modal Indonesia. Harga komoditas yang relatif tetap tinggi menjadi salah satu pendorong kinerja positif pasar modal RI.

Berangkat dari serangkaian katalis di atas, Mirae Asset Sekuritas menambah saham ritel PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) dan perusahaan logistik PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) dalam jajaran saham-saham pilihan utama.

“LPPF adalah saham yang baik untuk dimonetisasi saat momen Lebaran. Kami menilai pendapatan LPPF akan meningkat pesat didorong belanja Lebaran tahun ini, karena cenderung terbatas tahun lalu,” papar Hariyanto.

Di sisi lain, LPPF akan membagikan dividen Rp250 pada 13 April ini setelah membukukan kenaikan pendapatan pada 2021. Hal ini membuat dividend yield LPPF naik 4,2 persen. Selain itu, price to earning LPPF pada 2022 diperkirakan 12,7 kali, lebih murah daripada peritel serupa seperti RALS dengan P/E 2022 sebesar 15,3 kali.

Saham lain yang ditambahkan dalam pilihan Mirae Asset adalah SMDR. Sebagai perusahaan kargo terintegrasi, Samudera Indonesia diperkirakan masih menikmati biaya kontainer yang tinggi. Sebagai Catatan, pendapatan dan laba bersih SMDR pada dua bulan pertama 2022 naik masing-masing 112 persen YoY and 398 persen YoY.

“Kami estimasi pertumbuhan pada kuartal I/2022 akan tetap signifikan karena rata-rata World Container Index Freight Rate Composite mencapai US$9.016 untuk kontainer ukuran 40 kaki.”

Adapun saham-saham lain yang bertahan sebagai pilihan utama Mirae Asset Sekuritas adalah emiten-emiten di sektor perbankan dan pertambangan seperti BBNI, BBRI, ITMG, ADRO, UNTR, dan ANTM.

Sampai 8 April 2022, akumulasi return dari saham-saham pilihan utama Mirae Asset Sekuritas mencapai 60,2 persen, lebih tinggi daripada IHSG sebesar 12,8 persen sejak Agustus 2018.

“Oleh karena itu, kinerja saham pilihan kami melampaui IHSG sebesar 47,4 persen,” kata Hariyanto.

Ekonomi Membaik saat Lebaran, Simak Saham-Saham Pilihan Mirae

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper